Wali Kota Bitung Lepas Kontingen Pramuka ke Perkemahan Bela Negara di Pulau Sebatik

Sebanyak 32 anggota Pramuka di Kota Bitung akan mengikuti perkemahan bela negara pertama di Pulau Sebatik

Wali Kota Bitung Lepas Kontingen Pramuka ke Perkemahan Bela Negara di Pulau Sebatik
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban melepas 32 anggota Pramuka di Kota Bitung akan mengikuti perkemahan bela negara pertama di Pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 32 anggota Pramuka di Kota Bitung akan mengikuti perkemahan bela negara pertama di Pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara.

Mereka dilepas oleh Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban, dalam upacara, di lantai IV Kantor Wali Kota Bitung, Senin (23/4/2018).

Pengutusan tersebut nampak dihadiri oleh Khouni Lomban, Ketua Saka Kalpataru Kwarcab Bitung dan Rita Mantiri-Tangkudung Ketua Saka Wana Bakti Kwarcab Bitung, serta pengurus Pramuka Kwarcab Bitung.

Di Nunukan mereka akan mengikuti perkemahan mulai tanggal 2-7 Mei 2018, dan direncanakan akan berangkat pada 30 April.

Pengutusan dilakukan dengan menyerahkan bendera pataka kepada ketua tim yang diterima oleh Altin Tumengkol.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota mengatakan bahwa gelaran tersebut akan semakin mengokohkan gerakan Pramuka sebagai wadah untuk mendorong upaya pertumbuhan dan perkembangan nilai patriotisme yang didasari oleh kesadaran dan semangat kemanusiaan yang luhur dan bersifat universal.

Gerakan Pramuka juga merupakan gerakan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk setiap anggota memiliki kepribadian beriman, bertaqwa, kerakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

" Bagi seorang Pramuka, membela bangsa nan negara merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan," jelasnya.

Untuk itu menurutnya, penanaman bela negara bagi gerakan Pramuka perlu dilakukan samakan dengan berbagai cara dan strategi, serta dilaksanakan sebaik mungkin untuk mendatangkan hasil sesuai harapan.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved