Terkait Tokoh Agama Calonkan Diri Jadi Anggota DPD RI, Begini Tanggapan Ferry Liando

Ferry Liando mengatakan ada beberapa faktor kenapa sekarang banyak tokoh agama mencalonkan diri jadi DPD RI

Terkait Tokoh Agama Calonkan Diri Jadi Anggota DPD RI, Begini Tanggapan Ferry Liando
ISTIMEWA
Ferry Daud Liando 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengamat politik Sulawesi Utara, Ferry Daud Liando mengatakan ada beberapa faktor kenapa sekarang banyak tokoh agama mencalonkan diri jadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI)

Pertama, menurut dosen di Universitas Sam Ratulangi Manado ini, hak setiap warga negara untuk mendapatkan posisi itu, sehingga apapun profesinya bisa saja memperebutkanya sepanjang kapasitas dan kepemimpinnya tidak diragukan.

Kedua, tokoh agama selalu diikuti dengan banyak pengikut sehingga kondisi ini menjadi kekuatan para tokoh agama untuk berkompetisi.

Ketiga, proses pemilihan secara langsung akan sangat menguntungkan para tokoh agama, sebab para tokoh agama memiliki jejaring sosial yang baik dan dikenal luas oleh masyarakat.

Keempat, kemungkinan besar prinsip aji mumpung dimanfaatkan para tokoh agama dalam kompetisi ini.

Tokoh agama tidak selamanya akan menempel dan menjadi predikat seumur hidup, sehingga ketika predikat tokoh agama dimilikinya maka kesempatan baginya untuk mendapat keuntungan elektabilitas atau popularitas

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang bisa memengaruhi tingkat keterpilihan calon. Yakni punya jaringan sosial yang luas, dikenal publik, memiliki dukungan finansial, punya kekerabatan dengan penguasa lokal.

"Dari empat instrumen ini, sebagian besar tokoh agama memiliki atau identik dengan dua instrumen utama yaitu memiliki jaringan sosial yang luas dan dikenal publik," ujarnya Senin (23/4/2018).

UU menjamin hak konstitusi setiap warga negara untuk bisa menyalurkan pilihannya pada pemilu. Selama ini salah satu pemicu rendahnya minat masyarakat untuk memilih disebabkan karena ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai politik.

Halaman
12
Penulis: Finneke
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved