Ketua DPR: Kami Percaya KPK Akan Tuntaskan Skandal Century, Tindaklanjuti Putusan PN Jaksel

Menanggapi munculnya polemik terkait ditetapkan atau tidaknya mantan Gubernur BI Boediono sebagai tersangka kasus Century

Ketua DPR: Kami Percaya KPK Akan Tuntaskan Skandal Century, Tindaklanjuti Putusan PN Jaksel
tribunnews
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menghadiri bincang santai di kedai kopi kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (18/3/2018), bersama pengacara Hotman Paris Hutapea. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Menanggapi munculnya polemik terkait ditetapkan atau tidaknya mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono sebagai tersangka kasus Century, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyerahkan seluruh keputusan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami yang di Senayan, menyerahkan semuanya kepada KPK untuk membuat langkah sesuai dengan aturan yang ada, memecahkan kasus Century sampai tuntas," ujar Bamsoet, saat ditemui di Gedung Nusantara III DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat ditemui di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/1/2018).
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat ditemui di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/1/2018). (KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)

Mantan Ketua Komisi III itu pun meyakini bahwa lembaga anti rasuah tersebut akan menaati apa yang telah diputuskan oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, yakni menetapkan mantan Wakil Presiden RI itu sebagai tersangka.

"Ini kan sudah ada yang incrahct keputusan itu dan kita percayakan KPK untuk menyelesaikannya," kata Bamsoet.

Sebelumnya, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) telah memenangkan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terkait kasus dugaan korupsi dana talangan (bailout) Bank Century.

Dalam gugatan itu, KPK diwajibkan untuk menetapkan tersangka baru dalam kasus tersebut.

Boyamin menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menyerahkan salinan putusan tersebut terhadap KPK.

"Atas dikabulkannya gugatan praperadilan yang diajukan MAKI lawan KPK dalam kasus korupsi Century, maka tidak ada alasan lagi KPK untuk tidak menetapkan tersangka baru dalam kasus Century," kata Boyamin.

Sejumlah nama yang menurutnya terkait dengan kasus tersebut, meluliputi Raden Pardede, Muliaman D Hadad, Hartadi, Miranda Goeltom, serta mantan Wakil Presiden RI Boediono.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Soal Boediono, DPR Yakin KPK Pecahkan Kasus Century Sampai Tuntas, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/16/soal-boediono-dpr-yakin-kpk-pecahkan-kasus-century-sampai-tuntas.
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Imanuel Nicolas Manafe

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved