Letkol Pasodung Pimpin Upacara HUT TNI AU di Lanudsri

Lanudsri melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 TNI AU di Lapangan Dirgantara, Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Letkol Pasodung Pimpin Upacara HUT TNI AU di Lanudsri
ISTIMEWA
Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 TNI AU di Lapangan Dirgantara, Manado, Sulawesi Utara (Sulut). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pangkalan Udara (Lanud) Sam Ratulangi (Lanudsri) melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 TNI AU di Lapangan Dirgantara, Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

"Upacara dilaksanakan pada Senin (9/4/2018) dipimpin oleh Inspektur Upacara Kepala Dinas Personil Lanud Sam Ratulangi Letkol Adm Enos Pasodung," ujar Kapentak Lanudsri Mayor Johny Gumansalangi, Selasa (10/4/2018).

Kepala Dinas Personil Lanud Sam Ratulangi Letkol Adm Enos Pasodung menggantikan Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya, pada saat yang sama mengikuti pelaksanaan Upacara HUT TNI AU terpusat di Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Upacara HUT TNI AU di Lanudsri, dilaksanakan secara sederhana dimulai pukul 08.00 Wita.

Diikuti oleh seluruh anggota Lanud Sam Ratulangi baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta tamu undangan dari para Purnawirawan TNI AU.

Dalam Sambutan Kepala Staf TNI AU (Kasau) yang dibacakan oleh Inspektur upacara mengatakan bahwa momentum peringatan hari ulang tahun TNI Angkatan Udara pada hakekatnya merupakan upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan pengabdian Angkatan Udara sejak awal kelahirannya.

"Sehingga ingatan kita selalu kembali kepada jasa para perintis dan pendahulu Angkatan Udara," ujar Inspektur Upacara, Kepala Dinas Personil Lanud Sam Ratulangi Letkol Adm Enos Pasodung.

Kasau juga mengutip pernyataan Presiden Soekarno pada peringatan lima Tahun AURI, tanggal 9 April 1951 yang mengatakan bahwa.

Jika Angkatan Perang kita hendak berdiri setaraf, setinggi, sederajat dengan Angkatan Perang Dunia Internasional, maka kita harus mempunyai Angkatan Udara yang sebaik baiknya.

Kasau juga menyinggung bidang kesejahteraan, yang akan mengupayakan untuk meningkatkan remunerasi, tunjangan perbatasan, dan program pembangunan 1.000 rumah non dinas melalui tabungan wajib perumahan.

Mencermati perkembangan situasi politik tanah air saat ini, Kasau juga menekankan kepada seluruh anggota TNI AU agar tidak terlibat dalam politik praktis serta menjaga netralitas TNI dalam proses Pilkada dan Pemilu.

Peringatan HUT ke-72 TNI AU kali ini mengambil tema Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional dan Modern, TNI AU Siap menjaga Kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Di akhir upacara diadakan acara pemotongan tumpeng HUT TNI AU dan penyerahan hadiah lomba yang dilaksanakan dalam rangka HUT TNI AU di antaranya lomba lari 2.400 meter, lomba lari estafet, pertandingan bola voli, pertandingan sepak bola antara perwira, bintara dan tamtama serta pertandingan tenis meja.

Sebelumnya dalam rangka HUT ke-72 TNI AU ini, Lanud Sam Ratulangi juga mengadakan kegiatan Donor Darah dan Baksos di daerah Bolaang Mongondow Timur, Sulut.(Tribunmanado.co.id/Handhika Dawangi)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved