AS Isyaratkan Tambahan Kenaikan Tarif Impor ke China

Presiden AS Donald Trump menyatakan dirinya telah menginstruksikan kepada Perwakilan Perdagangan AS untuk menerapkan tarif impor tambahan

AS Isyaratkan Tambahan Kenaikan Tarif Impor ke China
afp
Donald Trump

TRIBUNMANADO.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump menyatakan dirinya telah menginstruksikan kepada Perwakilan Perdagangan AS untuk menerapkan tarif impor tambahan untuk produk-produk China. Tarif tambahan tersebut bernilai 100 miliar dollar AS.

"Terkait pembalasan China yang tak adil, saya telah instruksikan kepada Perwakilan Perdagangan AS untuk mempertimbangkan apakah tarif tambahan sebesar 100 miliar dollar AS akan sesuai untuk dilakukan, jika demikian, maka identifikasikan produk yang akan dikenakan tarif tersebut," ujar Trump dalam pernyataannya seperti dikutip dari CNBC, Jumat (6/4/2018).

Indeks Dow Jones anjlok lebih dari 400 poin pasca kabar tersebut, Kamis (5/4/2018) waktu setempat. "Presiden AS mengirim pesan kepada China mengenai konsekuensi," sebut seorang pejabat Gedung Putih.

Pada Rabu (4/4/2018) lalu, China mengumumkan rencana penerapan tarif impor untuk 106 produk AS, termasuk kedelai, mobil, hingga wiski. Tarif tersebut diperkenalkan sebagai kebijakan balasan terhadap Trump yang pada 24 jam sebelumnya mengumumkan daftar produk China yang bakal dikenakan tarif.

Produk-produk tersebut termasuk produk yang digunakan untuk robotik, teknologi informasi (TI), teknologi komunikasi, dan kedirgantataan. Area-area tersebut dirasa Trump akan membuat China lebih maju secara tidak adil karena peran properti intelektual AS.

Meskipun ancaman yang ditebar Trump tampak berat, namun ia menekankan bahwa AS masih terbuka untuk negosiasi terkait praktik perdagangan China.

"AS masih mempersiapkan untuk diskusi terkait dukungan komitmen kami untuk mencapai perdagangan yang bebas, adil, dan resiprokal, serta untuk melindungi properti intelektual dan teknologi perusahaan-perusahaan dan warga AS," sebut Trump.

Sesaat setelah Trump menyampaikan pengumumannya, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer menyatakan dukungannya atas rencana Trump tersebut. Ia mengatakan, rencana Trump sudah sesuai.

"Presiden Trump mengajukan respons yang sesuai terkait ancaman China tentang tarif baru. Setelah melakukan investigasi mendalam, Perwakilan Perdagangan AS menemukan bukti bahwa tindakan tak masuk akal China melukai ekonomi AS," tutur Lighthizer.

Ketika AS dan China Saling Jegal

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping (afp)
Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved