Utang Luar Negeri China Tebus US$ 1,7 Triliun, Inilah Negara Pengutang Terbesar di Dunia, Indonesia?

Badan pengawas pertukaran mata uang China atau State Administration of Foreign Exchange (SAFE) mengungkapkan risiko

Utang Luar Negeri China Tebus US$ 1,7 Triliun, Inilah Negara Pengutang Terbesar di Dunia, Indonesia?
AFP
Mata Uang Cina, Yuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BEIJING - Badan pengawas pertukaran mata uang China atau State Administration of Foreign Exchange (SAFE) mengungkapkan risiko keuangan dari utang luar negeri China masih dalam taraf terkontrol, meski peningkatannya cukup signifikan.

Mengutip Xinhua, Sabtu (31/3), utang luar negeri China per Desember 2017 telah mencapai US$ 1,7 triliun, meningkat US$ 294,8 miliar dibandingkan tahun 2016.

SAFE telah merilis laporan yang menyatakan semua indikator utama dari utang luar negeri ini masih dalam standar keamanan internasionalnya.

Regulator valuta ini mengungkapkan, rasio utang luar negeri China masih 14% dibandingkan produk domestik bruto (PDB). Sementara, rasio utang luar negeri jangka pendek terhadap cadangan devisa adalah 35%.

SAFE menghubungkan utang luar negeri yang meningkat dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, meningkatkan pergerakan dua arah nilai tukar yuan dan kebijakan pemerintah untuk memfasilitasi pendanaan lintas batas.

JANGAN LEWATKAN: China vs AS: Perang Ideologi hingga Dagang, Siapa Paling Diuntungkan?

Laporan SAFE mengungkapkan, pemerintah China akan terus meningkatkan kebijakan manajemen makroprudensial yang berfokus pada bank dan aliran modal jangka pendek, mencegah risiko dan melayani ekonomi riil lebih baik.

Jika dilihat dari angkanya, tentu nilainya sangat fantastis. Tapi apakah semua itu salah? Sebenarnya utang diperlukan untuk kepentingan negara, seperti modal membangun negara, menutupi kekurangan anggaran, menjalin hubungan bilateral, bentuk pengakuan terhadap negara lain, dan masih banyak lagi lainnya.

Kabar baiknya, Indonesia bukanlah negara yang mempunyai utang terbesar di dunia. Inilah 10 negara yang mempunyai utang tertinggi seperti diungkap IDN Times mengutip Visual Capitalist.

1. Amerika Serikat

Tak heran kalau Amerika Serikat punya utang tertinggi di dunia. Amerika merupakan negara ekonomi terbesar di dunia.

Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved