AFMI Ajak Masyarakat Stop Konsumsi Anjing dan Kucing

Animal Friends Manado Indonesia berjuang mengedukasi masyarakat Sulawesi Utara untuk memerhatikan prinsip kesejahteraan hewan

AFMI Ajak Masyarakat Stop Konsumsi Anjing dan Kucing
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Animal Friends Manado Indonesia (AFMI) berjuang mengedukasi masyarakat Sulawesi Utara untuk memerhatikan prinsip kesejahteraan hewan 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Animal Friends Manado Indonesia (AFMI) berjuang mengedukasi masyarakat Sulawesi Utara untuk memerhatikan prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare). AFMI bergerak pada hewan domestik atau hewan peliharaan.

AFMI berdiri tahun 2011 atas dasar keprihatinan kondisi di Sulut. AFMI bermarkas di Kota Tomohon Sejak 2015 lalu. AFMI juga membangun shelter penyelamatan hewan. Ada pula klinik kesehatan hewan yang buka tiap hari.

Perjuangan AFMI di Sulut tak mudah karena menghadapi kebiasaan masyarakat yang mengonsumsi daging hewan domestik seperti anjing dan kucing. AFMI sering mendapat tertawaan bahkan perlawanan dari warga.

"Kalau mau bilang berat, saya bilang berat sekali. Apalagi menghadapi kebiasaan masyarakat Minahasa yang memakan segala jenis hewan. Termasuk anjing dan kucing," ujar Mandane Parengkuan Supit, pendiri dan Dikrekrut AFMI.

Namun AFMI tak patah arang. Meski berat, AFMI yang beranggotakan lima pengurus, tiga keeper dan tiga dokter ini tetap berjuang mengedukasi masyarakat.

AFMI mempunyai program edukasi untuk mengubah pola pikir masyarakat untuk mengganti makanan. Hewan peliharaan itu tak untuk dimakan. Di pasar misalnya, kalau tak ada permintaan tak ada yang jual.

"Bisnis daging anjing dan kucing, serta hewan lainnya sekarang menggiurkan. Saya tanya ke teman pedagang di pasar, katanya kalau tak ada permintaan, mereka takkan jual lagi. Sasaran kami bukan pasar, tapi edukasi pada masyarakat sebagai konsumen," ucapnya.

AFMI juga melakukan kampanye langsung di publik, media sosial dan segala bentuk kegiatan yang bisa membangkitkan kesadaran masyarakat. AFMI juga melakukan penyelamatan hewan.

"Saat ini sudah ada 48 anjing dan 52 kucing yang sudah kami selamatkan dan ditampung di shelter kami. Ada pula piton yang sudah kami rilis, ada juga yaki," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Finneke
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved