Masyarakat yang Lapor SPT Capai 60,28 Persen

Masyarakat yang melapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan saat ini sudah mencapai 60,28 persen.

Masyarakat yang Lapor SPT Capai 60,28 Persen
DOK. TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Acara DJP Suluttenggomalut beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Masyarakat yang melapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan saat ini sudah mencapai 60,28 persen. Jumlah tersebut untuk Wajib Pajak (WP) orang pribadi.

"Untuk wilayah kerja kami Jumlah Efiling sampai dengan 27 Maret 2018 untuk orang pribadi sudah menyentuh 87.014 SPT atau 60,28 % dari target setahun," ujar Kepala Bidang P2Humas Kantor Wilayah DJP Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) FN Rumondor, Jumat (30/3/2018).

Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk melaporkan SPT mulai meningkat. Oleh karena iru pihaknya menggugah agar masyarakat semakin sadar pentingnya melaporkan SPT Tahunan.

Untuk itu pihaknya optimis target pelaporan SPT Tahunan akan tercapai pada tahun ini. "Masih ada beberapa hari lagi bagi masyarakat uuntuk menyampaikan SPT," katanya.

Kepala Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Suluttenggomalut Agustin Vita Avatin mengatakan saat ini ada 1 juta WP baik badan dan orang pribadi. Terdiri dari 600 ribu WP yang wajib melaporkan SPT, atau mereka yang berpenghasilan Rp4,5 juta per bulan atau Rp 54 juta setahun. Sisanya sebesar 400 ribu WP tidak wajib melapor SPT.

Untuk itu bagi wajib pajak orang pribadi dapat segera melapor SPT. Sebab batas waktu pelaporan SPT 2017 jatuh pada 31 Maret 2018 pukul 18.00 Wita.

"Manfaatkan fasilitas penyampaian SPT secara elektronik yang dapat dilakukan melalui sistem DJP Online pada laman http://djponline.pajak.go.id,"," katanya.

Setiap KPP memiliki pojok pajak, seperti di Manado ada dua titik, yaitu Manado Town Square (Mantos) dan Mega Mall. Pojok pajak juga ada di pusat perbelanjaan Bitung, hingga menyebar kantor kecamatan di Kabupaten Minahasa, Tomohon, Aula Pemerintah Minahasa Selatan, Toko Paris Kota Kotamobagu dan kantor Bupati Tahuna.!

Dia menjelaskan, Pojok Pajak adalah layanan dari Direktorat Jenderal Pajak untuk memudahkan wajib pajak dalam menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (PPh).

"Pojok Pajak hadir di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau wajib pajak, seperti pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran di seluruh Indonesia," paparnya.

Sedangkan layanan yang dapat diperoleh di Pojok Pajak dapat berupa permohonan pendaftaran e-FIN, penyampaian SPT melalui e-Filing, serta penyuluhan dan konsultasi perpajakan.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved