Wabup Yanny Tuuk Lantik 18 Pjs Sangadi dan 2 Sangadi Defenitif

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Yanny Ronny Tuuk melantik dan mengambil sumpah 18 Penjabat sementara (Pjs) dan 2 Pergantian Antar Waktu

Penulis: Maickel_Karundeng | Editor: Andrew_Pattymahu
MAICKEL KARUNDENG

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Yanny Ronny Tuuk melantik dan mengambil sumpah 18 Penjabat sementara (Pjs) dan 2 Pergantian Antar Waktu (PAW) kepala desa (Sangadi), di kantor bupati lantai dua, Rabu (29/3).

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengamanatkan bahwa, kepala desa berhenti karena berakhir masa jabatannya. Sehingga mengisi kekosongan kepala pemerintahan di desa, harus dilaksankan penggantian sangadi dengan mengangkat penjabat sangadi yang berasal dari pegawai negeri sipil (PNS), serta sangadi definitif hasil musyawarah desa melalui keputusan bupati Bolmong.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah merupakan implementasi dari perundang-undangan," ungkapnya.

Wabup menyampaikan selamat bertugas dan selamat berkarya kepada para penjabat sangadi dan sangadi definitif yang telah di lantik.

Berkaitan dengan penyelenggaran pemerintahan desa, ada beberapa hal yang dapat ditekankan dan menjadi perhatian oleh penjabat sangadi dan sangadi definitif.

Pertama, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan penuh tabggung jawab sesuai dengan Tupoksi dan selalu berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedua, bangun kemitraan dengan PBD, perangkat desa, serta semua komponen masyarajat yang ada sehingga proses pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik.

"Ketiga, tumbuh kembangkan terus partisipasi dan peran aktif masyarakat di desa," katanya.

"Keempat, dalam rangka pengelolaan keuangan desa 2018 di minta penjabat sangadi dan definitif untuk mengolah dan menggunakan dandes sesuai tahapan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Achmad Yani Damopolii mengatakan, ada 20 kepala desa di 8 kecamatan yang akan dilantik besok. Sebanyak18 Penjabat sementara (Pjs) dan 2 Pergantian Antar Waktu (PAW) kepala desa (Sangadi,red).

"Ada 20 kepala desa di 8 kecamatan yang dilantik. Masing-masing, 18 Pjs dan 2 kepala desa PAW. 2 orang Sangadi di PAW dimana satunya mengundurkan diri dan satunya lagi meninggal dunia," ungkapnya.

Dirinya pun menjelaskan, pelantikan dilakukan karena 18 kepala desa sudah memasuki akhir jabatan, sedangkan 2 desa dilakukan pemilihan ulang karena kepala desanya sudah meninggal dunia, dan megundurkan diri.

"18 sudah memasuki akhir jabatan, sedangkan 2 desa, yaitu Desa Matayangan, kepala desanya meninggal dunia, dan Desa Wangga kepala desanya memilih mengundurkan diri sebelum berakhir masa jabatan," ujarnya.

"Pjs ditunjuk langsung oleh camat setempat. Ada yang dari pegawai kecamatan dan ada juga dari sekertaris desa. Sedangkan 2 PAW dilakukan pemilihan ulang oleh warga," jelasnya.

Penjabat Sangadi Desa Poopo Selatan Aldrien Ratu berkata siap bekerja membangun desa. "Terkait pengelolaan dana desa tentunya tetap berdasarkan aturan," katanya.

"Saya akan bertindak tegas dalam pengelolaan Dandes serta membangun desa lebih maju," tandasnya. (Kel)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved