Benny Tungka Meninggal Dunia

Benny Tungka Meningga Dunia, Lucky: Dia Berperan Sebagai Pendamai Antar Anak Bangsa

Benny Tungka dalam juga memiliki peran perdamaian antar anak bangsa. Itu ada dalam kesaksian Lucky Senduk, Provinsial LC Sulut.

Benny Tungka Meningga Dunia, Lucky: Dia Berperan Sebagai Pendamai Antar Anak Bangsa
ISTIMEWA
Lucky Senduk 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Benny Tungka dalam juga memiliki peran perdamaian antar anak bangsa. Itu ada dalam kesaksian Lucky Senduk, Provinsial LC Sulut.

"Benny Tungka adalah sosok cinta dalam dan peduli dengan kemanusiaan. Beberapa peran penting yang dilakukan," ujarnya, pada Senin (26/3/2018)

Lucky mengatakan saat kejadiaan bom di Katedral Jakarta, Benny mengumpulkan pimpinan LC termasuk dirinya untuk mengantisipasi jangan sampai masyarakat Sulawesi Utara terprovokasi dengan kejadian tersebut.

Benny Tungka langsung berinisiatif untuk melakukan tindakan nyata perwujudan persaudaraan sejati antar anak bangsa 

"Ia meminta seluruh anggota LC melakukan pengamanan saat sholat Ied di Kota Manado karena kejadian BOM Malam Natal Katedral Jakarta tahun 2000 itu besoknya bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Sejak saat itu berbagai organisasi keagamaan maupun Ormas Adat yg ada di Sulawesi Utara melaksanakan pengamanan tempat tempat ibadah saat ada perayaan besar agama, kegiatan ini berlangsung hingga hari ini," katanya.

Baginya ini menunjukkan bahwa Benny Tungka sebagai pelopor dan penginisiatif kegiatan penjagaan tempat ibadah di Sulawesi Utara.

"Saat kerusuhan Poso bergejolak, Benny Tungka memfasilitasi dan berinisiatif mengumpulkan Uskup Manado Mgr Jos Suwatan-Pdt Nico Gara (Sekum Sinode GMIM saat itu)- Alm KH Arifin Assegaf untuk berdialog masalah kerusuhan Poso," katanya

"Tidak hanya sampai disitu, tapi Benny Tungka berupaya memfasilitasi Pertemuan ke 3 tokoh Sulawesi Utara tersebut dengan pihak pemerintah dimana bersama H Raffiudin Djamir dan Lucky sendiri kemelakukan kunjungan ke Palu dan Poso serta Tentena disaat terjadi kerusuhan Poso bergejolak," ujarnya.

Saat itu Menkopolkam SBY dan Menko Kesra Jusuf Kalla berkenan menerima rombongan Tokoh agama Sulawesi Utara untum berdialog mendamaikan Poso. Sehingga kunjungan Menkopolkam di Poso dan Tentena, para tokoh agama Sulut ikut diperkenalkan dan dijadikan contoh perdamaian dan persaudaraan.

"Perjanjian Perdamaian Malino yg digagas oleh Jusuf Kalla diikuti juga oleh Mgr Suwatan, Pdt Nico Gara dan Alm KH Arifin Assegaf didampingi oleh H Raffiudin Djamir. Peran seorang Benny Tungka sangatlah besar untuk hal ini," katanya.

Ia juga mengatakan saat terjadi bencana banjir besar di Kota Manado pada sekitar Tahun 2000, Benny Tungka berinisiatif membantu korban banjir. Bukan hanya pemberian bantuan makanan dan peralatan rumah tangga tetapi Benny Tungka bersama sama dengan personil LC turun langsung membersihkan lumpur yang ada selama kurang lebih satu minggu

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved