Pemkot Bitung Diberikan Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah

Pemkot Bitung diberikan Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah dalam sosialisasi yang digelar di Hotel Sutan Raja

Pemkot Bitung Diberikan Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Pemkot Bitung menggelar sosialisasi dalam rangka meningkatkan efektifitas penerapan Sakip, dan evaluasi akuntabilitas kinerja 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

BITUNG, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kota Bitung diberikan Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah dalam sosialisasi yang digelar di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Kamis (15/3).

Kegiatan yang dibuka oleh Audi Pangemanan Sekda Kota Bitung tersebut nampak dihadiri oleh Asisten Deputi Kordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Naptalina Sipayung, Kepala Bidang Kordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Evaluasi RB Kunwas 1-2 pada Asdep 2 Tri Susilo.

Pada kesempatan tersebut Sekda Kota Bitung memberi apresiasi kepada jajaran bagian organisasi Setda Kota Bitung selaku pelaksana sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan efektifitas penerapan Sakip, dan evaluasi akuntabilitas kinerja.

Menurutnya, seiring dinamika penyelenggaraan pemerintahan organisasi, pemerintah saat ini tidak bisa lagi hanya berfokus pada seberapa besar anggaran yang diserap.

"Artinya penggunaan alokasi anggaran serta pelaksanaan Tupoksi Pemerintah daerah harus sepenuhnya untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan sebanyak-banyaknya rakyat, dengan demikian manfaat optimal dapat di peroleh masyarakat sebagai akibat dari penggunaan anggaran," jelasnya.

Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan penerapan sistem akuntabilitas kinerja yang baik dimulai dari tahap perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi program kerja pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat.

Ia menjelaskan, terkait pegelolahan anggaran, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dalam Rakornas pelaksaan anggaran beberapa waktu lalu mengingatkan, bahwa kita punya satu tujuan untuk memakmurkan rakyat.

"Kita punya uang yang harus direncanakan dan dieksekusi dengan baik, kalau kita tidak dapat membelanjakan uang negara dengan baik dan benar, berarti kita tidak menghormati uang yang kita kumpulkan dalam bentuk pajak dari rakyat yang harus kembali untuk rakyat," jelasnya.

Ia mengajak pemerintah untuk mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, agar pemahaman petunjuk teknis penyusunan penjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara review atas laporan kerja instansi pemerintah berdasarkan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi semakin mengarahkan kita dalam menerapkan sistem akuntabilitas kinerja yang lebih baik, dan pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi penguatan Sakip dan tercapainya program reformasi birokrasi.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved