Kata Peneliti, Suara Bisa Jadi Alat Deteksi Selingkuh

Untuk mendapat temuannya, para peneliti yang terlibat penelitian tersebut merekrut 64 mahasiswa dan 88 mahasiswi.

Kata Peneliti, Suara Bisa Jadi Alat Deteksi Selingkuh
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beberapa waktu terakhir, isu perselingkuhan menjadi topik hangat di Indonesia. Mulai dari kasus perselingkuhan artis, pejabat, hingga isu perebut (le)laki orang (pelakor) yang menyedot perhatian publik.

Namun yang menjadi pertanyaan ketika banyak isu perselingkuhan terjadi adalah bagaimana mengenali pasangan yang berselingkuh?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Evolutionary Psychology menjelaskan bahwa mungkin Anda perlu mendengarkan suara pasangan Anda untuk mengetahui apakah mereka berselingkuh atau tidak.

Untuk mendapat temuannya, para peneliti yang terlibat penelitian tersebut merekrut 64 mahasiswa dan 88 mahasiswi. Para peserta kemudian diminta mendengarkan 10 suara laki-laki dan 10 suara perempuan.

Lima orang dari masing-masing kelompok yang rekaman suaranya diputar menyebut bahwa mereka telah berselingkuh, baik di hubungan sebelumnya atau yang sedang dijalani.

Para peserta tidak diberi informasi tentang latar belakang orang yang suaranya mereka dengarkan.

Dengan kata lain, mereka mendengarkan suara tanpa mengetahui apapun tentang orang tersebut. Tanpa informasi apapun, para peserta diminta untuk menilai apakah orang yang suaranya mereka dengarkan pernah berselingkuh atau tidak.

Hasilnya, para peserta mampu mengidentifikasi siapa saja yang pernah melakukan perselingkuhan.

Sayangnya, para peneliti tidak bisa mengidentifikasi secara tepat kualitas akustik seperti apa yang bisa menandai perselingkuhan.

"Kami tidak dapat mengidentifikasi secara tepat kualitas akustik mana yang mengendalikan persepsi tentang perselingkuhan," tulis peneliti dikutip dari Science Alert.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved