Sering Mandi Pakai Air Panas Ternyata Berbahaya, Ini Penjelasannya!

Namun, kesalahan tertentu saat mandi dapat membahayakan tubuh, terutama kulit...

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Mandi adalah rutinitas umum yang kita lakukan setiap hari. Mandi bukan hanya membuat kita merasa segar, tetapi juga rileks.

Mungkin karena alasan itu pula maka mandi juga dipercaya dapat menghilangkan stres. Beberapa orang juga ada yang gemar mandi dengan air panas untuk menghilangkan ketegangan, dan rasa lelah dari tubuh. Tidak diragukan, mandi adalah salah satu cara untuk sehat jika kita melakukannya dengan benar.
Namun, kesalahan tertentu saat mandi dapat membahayakan tubuh, terutama kulit. Berikut ini adalah kesalahan yang sering kita lakukan saat mandi.

1. Terlalu sering mandi dengan air panas 
Mandi air panas bisa bermanfaat bagi tubuh dan membantu melepaskan ketegangan dari tubuh. Tapi, terlalu sering mandi air panas sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini bisa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, bisa menyebabkan gatal pada kulit. Sebaiknya, gunakan air dingin terlebih dahulu sebelum mandi air panas.

2. Terlalu sering melakukan scrubbing pada kulit 
Scrubbing adalah keharusan dalam perawatan kulit. Ini membantu menghilangkan kulit mati dari tubuh dan wajah. Scrubbing bisa menghilangkan bakteri baik dari kulit yang membuat kulit tetap sehat dan melindunginya dari jerawat. Tapi, terlalu sering melakukan scrubbing bisa membahayakan kulit.

3. Mandi terlalu lama 
Tubuh perlu mandi bukan hanya untuk menghilangkan bau keringat. Namun, ada alasan lain mengapa mandi ini menjadi aktivitas yang penting.

Jika kita tidak mandi usai berolahraga, bakteri yang muncul karena keringat akan menumpuk pada kulit kita. Inilah yang akhirnya menyebabkan ruam pada kulit.

4. Tidak membersihkan pisau cukur 
Bagi kaum pria, mencukur jenggot juga menjadi rutinitas penting. Namun, jika kalian malas membersihkan pisau cukur, maka ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penumpukan kuman pada pisau cukur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk sering mencuci pisau cukur dan menggantinya secara berkala. (*)

Editor:
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved