Di Jepang, Black Panther tak Berkutik oleh Kantung Ajaib Doraemon

Berdasarkan data box office Jepang, raihan 'Black Panther' kalah dari Doraemon the Movie: Nobita's Treasure Island

Di Jepang, Black Panther tak Berkutik oleh Kantung Ajaib Doraemon
Artis peran Chadwick Boseman mengenakan jas bertema Black Panther pada malam perhelatan Academy Awards atau Oscar 2018 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (4/3/2018) waktu setempat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tak semua orang menyeru "Wakanda Forever". Data box office Jepang menunjukkan film Black Panther yang meraih kesuksesan baik secara domestik Amerika Utara dan internasional tak berkutik melawan 'kantung ajaib' Doraemon.

Berdasarkan data box office Negara Matahari Terbit untuk akhir pekan lalu, 3-4 Maret, raihan 'Black Panther' kalah jauh dari film animasi terbaru Doraemon the Movie: Nobita's Treasure Island.

Kedua film tersebut diketahui sama-sama menjalani pekan debut. Namun film seri ke-38 robot kucing biru yang juga terkenal di Indonesia menjadi posisi pertama box office dengan pendapatan awal US$8 juta atau 717 ribu penonton

Raihan ini tercatat meningkat 22 persen dibandingkan pada waktu yang sama di film sebelumnya, Doraemon The Movie 2017: Great Adventure in the Antarctic Kachi Kochi. Film tersebut mendapatkan pendapatan total US$42 juta.

Di sisi lain, 'Black Panther' di akhir pekan pertama di Jepang hanya mampu menarik 199 ribu penonton dengan pendapatan awal US$2,9 juta. Namun setelah empat hari penayangan, pada Selasa (6/3), Black Panther disebut Variety memperoleh US$4,7 juta.

Atas capaian tersebut, 'Black Panther' menempati posisi ke-dua dalam box office Jepang. Jepang merupakan satu dari sedikit negara di Asia yang belum mengumumkan jumlah pendapatan film yang sukses besar di Amerika Utara itu.

Menurut data Box Office Mojo, China dan Jepang adalah negara yang masih belum memberikan data pendapatan box office.

Kedua negara tersebut tergolong menjadi pasar besar di Asia sekaligus menantang bagi Hollywood karena budaya mendahulukan menonton film produksi lokal.

Sampai saat ini, Black Panther telah mengumpulkan total pendapatan hingga US$899 juta, dengan US$501 juta berasal dari pasar domestik Amerika Utara sebagai penyumbang pendapatan dominan.

Di pasar internasional, Black Panther hanya mampu memperoleh US$398 juta, atau 44 persen dari pendapatan totalnya di pekan ke-3 penayangannya.

Di pasar domestik Amerika Utara, akhir pekan Oscar 2018 lalu Black Panther masih menempati posisi pertama box office dengan pendapatan mencapai US$66,3 juta.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh film Jennifer Lawrence, Red Sparrow yang mengawali pekan debut dengan US$16,8 juta.

Posisi ke-tiga box office Amerika Utara ditempati oleh Death Wish yang juga debut dengan pendapatan US$13 juta. Posisi empat ada Game Night dengan US$10,4 juta, dan nomor lima ada Peter Rabbit dengan US$10 juta.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved