Breaking News:

Kelezatan Gado-gado Antarkan Indonesia ke Kancah Internasional

Meski menuai pro dan kontra di video Oliver, gado-gado sebenarnya adalah hidangan Indonesia yang cukup terkenal di kancah internasional.

Editor: Fernando_Lumowa
Surya Malang
Gado-gado disajikan ala sushi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Beberapa waktu lalu viral tayangan video memasak koki selebriti asal Inggris, Jamie Oliver memasak gado-gado.

Video singkat yang diunggah oleh Oliver di akun Twitternya tersebut, Minggu (18/2/2018), banyak dikomentari netizen Indonesia.

Tak sedikit netizen yang mengkritik Oliver karena bahan dan teknik yang digunakan tidak seperti gado-gado orisinal di tanah air.

Namun banyak juga netizen yang berterima kasih kepada Oliver karena memperkenalkan hidangan Indonesia kepada dunia.

Meski menuai pro dan kontra di video Oliver, gado-gado sebenarnya adalah hidangan Indonesia yang cukup terkenal di kancah internasional.

Gado-gado seringkali disebut salad dari Indonesia. Sejak lama gado-gado memang dikenal di kalangan masyarakat internasional.

Buku Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942 karya Fadly Rahman mencatat bahwa gado-gado adalah hidangan yang sering disajikan dalam Indische rijsttafel.

Sajian makan rijsttafel dengan menu Indonesia ini biasa disantap oleh keluarga Belanda yang tinggal di Hindia Belanda.

"Orang Barat sangat menghargai ide bangsa Indonesia untuk memiliki campuran makanan yang luar biasa karena segar dan olahan yang seimbang.

Kombinasi bahan nabati dan hewani yang sangat bagus kemudian rasanya lengkap gurih, manis, asam, serta sedikit pedas," kata ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved