Disparbud Bolsel Buat Buku Panduan Wisata Budaya, Gelar Diskusi Bersama Tokoh Adat Bolango

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, satu di antara daerah yang kaya akan potensi budaya di Sulawesi Utara.

Disparbud Bolsel Buat Buku Panduan Wisata Budaya, Gelar Diskusi Bersama Tokoh Adat Bolango
IST
Disparbud Bolsel di Bali, Jumat (25/8). 

 TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, satu di antara daerah yang kaya akan potensi budaya di Sulawesi Utara.

Agar promosi lebih maksimal, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) akan membuat buku paduan wisata budaya. Cara tersebut diyakini paling tepat dalam pengemasan informasi keberadaan budaya asli Bolsel yang didiami oleh beberapa suku, di antaranya Bone dan Bolango.

"Kami sudah menggelar diskusi dengan tokoh adat Bolango yaitu Reiner Ointu dan Ais Kai, tentang buku paduan wisata budaya," ujar Kepala Bidang Promosi Wisata di Disparbud, Delfian Giputra Thanta, Minggu (4/3).

Kehadiran buku ini nantinya akan mempengaruhi penyebarluasan informasi mengenai pengetahuan dan potensi wisata, baik berupa cagar budaya maupun seni kerajinan.

Selain itu akan akan berdampak terhadap ketertarikan masyarakat akan potensi yang dimiliki, serta menarik animo untuk mengunjungi objek wisata tersebut.

"Juga akan berfungsi sebagai peta bagi para wisatawan dalam perburuan wisata budaya," ujar Eping sapaan akrabnya.

Kata dia, sangat penting dikonsultasikan dengan para tokoh adat yang tahu persis tentang seluk-beluk budaya daerah, mulai dari cerita rakyat, tarian adat, bahkan sistus peninggalan nenek moyang.

Sehingga dalam pembuatannya tidak ada yang keliru, melainkan terpercaya dengan berbagai data pendukung sebab melibatkan berbagai pihak yang ahli dalam kebudayaan daerah. "Untuk saat ini masih dalam bentuk draft, masih dalam tahap penyempurnaan," ujar Eping. (lix)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved