Inflasi di Zona Eropa Dorong Uuro Ungguli Yen

Proyeksi data ekonomi kawasan Uni Eropa yang membaik memberi sentimen positif terhadap pergerakan mata uang euro.

Inflasi di Zona Eropa Dorong Uuro Ungguli Yen
AFP
Mata Uang Euro 

TRIBUNMANADO.CO.ID,  JAKARTA - Proyeksi data ekonomi kawasan Uni Eropa yang membaik memberi sentimen positif terhadap pergerakan mata uang euro.

Bahkan sentimen ini mengalahkan katalis positif berupa rilis data inflasi Jepang, sehingga membawa euro mengungguli yen.

Mengutip Bloomberg, Selasa (27/2) pukul 18.30 WIB, pasangan mata uang EUR/JPY naik 0,08% ke level 131,80. Mata uang kawasan Uni Eropa ini kembali beranjak naik setelah menyentuh level tertingginya sejak Agustus 2015 pada awal Februari.

Wahyu Tribowo Laksono, analis PT Central Capital Futures mengungkapkan, data yang mempengaruhi pergerakan euro adalah inflasi Spanyol dan Jerman.

Inflasi Spanyol bulan Januari tumbuh dari 0,6% ke level 1,1%.

Angka tersebut melebihi ekspektasi yang hanya 0,9%. Sedangkan, data inflasi Jerman bulan Januari segera dirilis. Inflasi diperkirakan membaik dari -0,7% ke level 0,5%.

“Kemudian pada Rabu (28/2) akan dirilis data yang lebih berpengaruh lagi seperti kepercayaan konsumen Jerman, data pengangguran Jerman, dan proyeksi inflasi Februari,” paparnya.

Menurut Wahyu, jika inflasi zona Eropa dirilis melampaui ekspektasi, hal itu dapat meningkatkan spekulasi bahwa European Central Bank (ECB) bakal memperketat kebijakan moneter zona Euro lebih cepat dari perkiraan.

Ini seolah menepis pernyataan dovish Ketua ECB Mario Draghi yang menyatakan masih akan melakukan program pemberian stimulus.

Sedangka, dari sisi Jepang, data inflasi bulan Januari yang dirilis lebih baik dari perkirakaan, tetap tidak ditanggapi pasar. Inflasi bulan Januari dirilis lebih baik dari perkirakaan ke level 0,8%. Namun, masih dianggap jauh dari target inflasi Bank of Japan (BoJ0 yang sebesar 2%.

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved