April Jalur Ambulans Sepanjang 2,1 Km Menuju RSUP Kandou Beroperasi

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Manado sementara mempersiapkan pembangunan jalur ambulans menuju ke RSUP Kandou Malalayang.

Penulis: Finneke | Editor:
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Pembangunan jalur ambulans 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Median jalan dari Bahu hingga ke Malalayang telah dibongkar. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Manado sementara mempersiapkan pembangunan jalur ambulans.

Tribun memantau, Selasa (20/2), bekas median jalan tersebut tampak berbecek. Ada papan penanda hati-hati, sedang dalam pengerjaan jalur ambulans.

Kepala Dinas PUPR Manado, Peter Karl Bart Assa mengatakan program pembangunan ini sementara jalan dengan menggunakan dua pos anggaran.

"Pertama swakelola oleh PU yakni membongkar media jalan serta pengerasan. Pos anggaran kedua belanja modal. Ini akan lelang kontraktor untuk membuat lapisan hot mix," ujarnya.

Dinas melelang proyek ini pekan ini. Pengerjaan mulai Maret dan April jalur ambulans sudah bisa beroperasi. Panjang lintasan ambulans ini 2,1 kilometer, dari Bahu hingga RSUP Kandou Malalayang.

Kepala Dishub Manado M Sofyan mengatakan jika jalur ini telah jadi, pihaknya akan menata rekayasa lalu lintas di jalur tersebut.

Pemkot Manado membuat jalur ambulans ini, karena jalur Bahu hingga Malalayang adalah jalur padat merayap. Kondisi lalu lintas di sini tak mengenal waktu, selalu saja macet. Jalur ambulans ini hanya saat ambulans menuju rumah sakit.

Apalagi saat jam kerja. Padahal ini merupakan jalur ambulans menuju rumah sakit rujukan provinsi, RSUP Kandou Malalayang.

Tribun beberapa kali memantau, meski pengendara telah membuka jalur, namun tetap saja ambulans kesulitan lewat karena jalan yang sempit. (fin)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved