Ratusan Pekerja di Perusahaan Ikan Tuna Bitung Demonstrasi Lagi

Ratusan pekerja PT Delta Pasific Indo Tuna Bitung yang diberhentikan oleh perusahaan, berbondong datangi Kantor Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, S...

TRIBUN MANADO/ALPEN MARTINUS
Pekerja berbondong datangi Kantor Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Senin (19/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Ratusan pekerja PT Delta Pasific Indo Tuna Bitung yang diberhentikan oleh perusahaan, berbondong datangi Kantor Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Senin (19/2/2018).

Namun mereka tidak diizinkan masuk dan hanya berorasi di depan pintu keluar Wali Kota Bitung saja.

Selama berorasi, mereka mengenakan atribut pekerja Kota Bitung, membawa spanduk, membawa pengeras suara menggunakan mobil besar.

Setelah berorasi, akhirnya sepuluh perwakilan pendemo yang dipimpin oleh Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (RTMM) Bitung Petrus Sidangoli, dan perwakilan lain, oleh Wali Kota Bitung Maximilian Lomban didampingi Asisten I Pemkot Bitung Oktavianus Tumundo dan Kadisnaker Wenas Luntungan, di ruang pertemuan Pemkot Bitung.

Pada kesempatan tersebut, Petrus menjelaskan kepada Wali Kota Bitung bahwa para pekerja PT Delta Pasific Indo Tuna Bitung sudah melakukan PHK sepihak terhadap 512 kepada karyawan dan tidak memberikan THR bahkan pesangon kepada mereka hanya karena melakukan demo yang menurut perusahaan tidak sesuai waktu.

"Kami sudah beberapa kali membicarakan hal tersebut, melakukan aksi, bahkan hearing bersama DPRD Bitung namun belum ada penyelesaian sampai sekarang," ujarnya.

Bahkan menurutnya, saat .adalah belum diselesaikan, perusahaan dikabarkan sudah menerima karyawan baru untuk dipekerjakan.

"Kami meminta pemerintah mengambil kebijakan, minimal perusahaan jangan dulu menerima karyawan sebelum masalah diselesaikan, sebab bagaimana nasib mereka kalau perusahaan sudah menerima karyawan baru," ujarnya.

Ia mengkhawatirkan jika masalah karyawan tidak diselesaikan bisa terjadi gesekan.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved