Bolehkah Makan Nanas Saat Hamil?

Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung nanas itu berbahaya selama kehamilan. Desas-desus tentang nanas murni cuma mitos.

Bolehkah Makan Nanas Saat Hamil?
Istimewa
Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung nanas itu berbahaya selama kehamilan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Saat hamil, seorang perempuan akan mendengar banyak pendapat dan saran dari anggota keluarga, teman, bahkan orang lain tentang kehamilannya.

Salah satu saran yang biasa diberikan adalah tidak boleh makan nanas selama kehamilan, karena bisa menyebabkan keguguran, atau persalinan lebih cepat. Benarkah nanas berbahaya bagi ibu hamil?

Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung nanas itu berbahaya selama kehamilan. Desas-desus tentang nanas murni cuma mitos.

Apakah nanas membantu menginduksi persalinan? Nanas mengandung bromelain. Tablet yang mengandung bromelain memang tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan.

Kandunga ini dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal. Tapi jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan.

Bayangkan saja, untuk mendapatkan efek yang sama dengan tablet mengandung bromelain,  ibu hamil harus makan antara 7-10 butir nanas segar sekaligus.

Nah, tidak mungkin kan ibu hamil makan nanas sebanyak itu? Jadi intinya, asupan normal tidak mungkin memengaruhi kehamilan.

Jadi, makan nanas mungkin tidak berbahaya, tapi makan dalam jumlah besar bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman. Hati-hati jika perut kita memang sensitif. Asam dalam nanas bisa memberi rasa panas atau refluks.

Sebaiknya, santap buah lezat ini dalam kadar secukupnya demi menghindari efek samping ini.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved