Berikut Kronologi Pesawat Gubernur Aceh Mendarat Daurat di Pantai

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menggelar jumpa pers dan menceritakan kronologi kejadian yang dialaminya.

Berikut Kronologi Pesawat Gubernur Aceh Mendarat Daurat di Pantai
KOMPAS.com/RAJA UMAR
Proses evakuasi pesawat pribadi jenis Shark Aero yang dipiloti Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, usai mendarat darurat di tepi pantai di Desa Lam Awe, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (17/2/2018) siang. Pesawat tersebut dikemudikan dalam perjalanan kunjungan kerja ke sejumlah kabupaten. Irwandi dan satu penumpang lainnya, Asisten II Pemerintahan Aceh, Taqwallah, dilaporkan dalam keadaan selamat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Setelah mengalami insiden dengan pesawat pribadinya jenis Shark Aero, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menggelar jumpa pers dan menceritakan kronologi kejadian yang dialaminya.

Irwandi menjelaskan, saat itu dia baru saja melakukan kunjungan kerja memeriksa proyek-proyek yang dibiayai APBN di beberapa kabupaten di Aceh selama tiga hari.

Saat peristiwa itu terjadi, pria yang akrab disapa Tengku Aga mini ini sedang terbang pada ketinggian 3.500 kaki. Tiba di atas kawasan Leupung Aceh Besar, mesin pesawat mendadak mengalami masalah.

Gubernur menduga mesin "ngadat" akibat tidak lancarnya suplai bahan bakar.

“Lalu saya mengambil keputusan untuk mendarat darurat di kawasan Leupung. Alasannya, dengan kondisi mesin yang mati, pesawat tidak mungkin mampu mencapai bandara,“ katanya, Sabtu (17/2/2018).

Tapi, lanjut Irwandi, tiba-tiba mesin pesawat menyala lagi dan bisa naik ke ketinggian 2.000 kaki.

Lalu, mesin pesawat kembali mati, sehingga Irwandi melapor ke menara untuk melakukan pendaratan darurat.

“Setelah berkomunikasi dengan menara di bandara Sultan Iskandar Muda, saya putuskan mendarat saja, saya melihat hamparan pasir di sisi kiri, proses pendaratan awalnya berjalan mulus. Tapi ketika roda pesawat menyentuh pasir, ban pesawat akhirnya terbenam ke pasir, kemudian terhempas hidungnya. Kena sayap kanan dengan tanah. Patahlah sayapnya. Saya keluar kokpit," ujar Gubernur Irwandi Yusuf.

Akhirnya, Gubernur Aceh mendarat darurat di Pantai Desa Lam Awe, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Sabtu (17/2/2018) sekitar pukul 15.15 WIB.

Sesaat kemudian, lanjut Gubernur, datang sebuah kapal cepat dari laut untuk menolong.

Halaman
12
Editor: Aldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved