19 Tahun Tinggal di AS, Saat Imlek Pasangan ini Dideportasi ke China

Setelah hampir 20 tahun tinggal di Amerika Serikat, sepasang suami istri asal China terpaksa harus dideportasi

19 Tahun Tinggal di AS, Saat Imlek Pasangan ini Dideportasi ke China
WEIBO via SCMP
Huang Zhelong (kiri) dan istrinya Li Xiangjin, bersama kedua anak laki-laki mereka, harus meninggalkan AS pada Jumat (16/2/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah hampir 20 tahun tinggal di Amerika Serikat, sepasang suami istri asal China terpaksa harus dideportasi pada Jumat (16/2/2018), bertepatan dengan perayaan tahun baru Imlek.

Huang Zhelong dan istrinya Li Xiangjin tiba di AS pada 1999. Namun kini, setelah 19 tahun, pasangan ini harus menerima kenyataan dideportasi karena mereka masuk tanpa melalui jalur resmi alias ilegal.

Dilaporkan laman media AS, NBC, Huang dan Li berangkat dari kampung halamannya di China pada 1999 dan tiba di AS tanpa visa resmi.

Mereka kemudian pindah ke Connecticut pada 2006, hingga menetap akhirnya menetap di kota Simsbury.

Keduanya membuka usaha salon kuku dan telah memiliki dua orang anak laki-laki, masing-masing berusia 5 dan 15 tahun.

Berbeda dengan ayah ibunya, kedua anak Huang dan Li memiliki kewarganegaraan AS karena mereka lahir di negara itu.

Meski demikian, kedua anaknya dihadapkan pada pilihan ikut dengan kedua orangtuanya kembali ke China, atau dirawat oleh negara.

Pasangan suami istri Huang sebenarnya telah diperintahkan oleh pengadilan untuk meninggalkan AS sejak lima tahun lalu, namun mereka diizinkan memperpanjang masa tinggal sambil menunggu proses pengajuan izin tinggal resmi.

Akan tetapi, pengajuan mereka pada akhirnya ditolak dan keduanya pun kini kembali mendapat perintah meninggalkan AS dan dideportasi kembali ke China.

Mengutip dari SCMP, pengacara pasangan Huang, Erin O'Neil Baker kepada NBC mengatakan, keduanya hanya diberi batas waktu hingga Jumat (16/2/2018) untuk berada di AS.

Halaman
12
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved