Breaking News:

Isi SPT Tahunan Lewat Smartphone Saja

irektorat Jenderal Pajak (DJP) Silayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutenggomalut) terus mempermudah

Penulis: | Editor: Andrew_Pattymahu
HERVIANSYAH
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Silayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutenggomalut) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Silayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutenggomalut) terus mempermudah untuk pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPH) Orang Pribadi dan badan usaha. Satu di antaranya saat ini bisa menggunakan smartphone.

"Kami terus mempermudah masyarakat untuk melakukan pengisian SPT, untuk saat ini dengan memperkuat layanan teknologi informasi," ujar Kepala Kanwil DJP Sulutenggomalut Agustin Avantin, Jumat (9/2/2018).

Dengan demikian dimanapun berada, Wajib Pajak (WP) dapat melaporkan SPT tahunan secara online. Apalagi saat ini sudah era digital, jadi wajib pajak bisa manfaatkan layanan kami lewat e-Filing yang bisa akses dari smartphone.

Sedangkan e-Filing merupakan suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id). "Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online, yang dapat diakses pada tautan https://djponline.pajak.go.id. Dengan demikian semakin mudah dan gampang untuk mengaksesnya. "Saat bisa melaporkan dimana saja untuk SPT Tahunan," katanya.

Untuk wajib pajak yang ingin menyampaikan laporan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770S dan 1770SS secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

Untuk laporan SPT pajak lainnya, e-Filing di DJP Online juga menyediakan fasilitas penyampaian SPT berupa Loader e-SPT. Melalui Loader e-SPT ini, SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT dapat disampaikan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). "Sehingga lebih menghemat waktu," ungkapnya.

Untuk saat ini, SPT yang dapat diunggah pada Loader e-SPT DJP Online adalah SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Formulir 1770 dan Formulir 1770S, SPT Masa PPh Pasal 21/26, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2), SPT Tahunan PPh Badan Formulir 1771 dan SPT Masa PPN dan PPnBM.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Kabid P2 Humas) Kanwil DJP Suluttenggo dan Malut, FN Rumondor mengungkapkan, untuk melapor SPT online wajib pajak perlu menyiapkan Electronic Filing Identification Number (EFIN) atau nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP kepada WP yang melakukan transaksi elektronik dengan Ditjen Pajak.

Untuk mendapatkannya bisa datang ke Kantor pajak pratama (KPP) terdekat. Atau bisa juga di layanan pajak yang ada di pusat perbelanjaan atau yang ada di kecamatan.

Sedangkan syarat untuk mendapatkan EFIN, bagi WP Pribadi dengan mengajukan permohonan aktivasi EFIN dengan formulir yang sudah ditentukan. "Datangi KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat," ungkapnya. (erv)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved