Wilayah Dibagian California Perbolehkan Pembuat Kue Menolak Pesanan Pasangan Sesama Jenis

Sebuah pengadilan di Negara BagianCalifornia, Amerika Serikat (AS), mengabulkan hak seorang pembuat kue yang menolak menjual kuenya

Wilayah Dibagian California Perbolehkan Pembuat Kue Menolak Pesanan Pasangan Sesama Jenis
AP PHOTO / Elaine Thompson
Penonton parade ikut bersuka-cita saat Gay Pride Parade di Seattle, 28 Juni 2015, dua hari setelah Mahkamah Agung (MA) Amerika Serikat melegalkan pernikahan sesama jenis di 50 negara bagian. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah pengadilan di Negara BagianCalifornia, Amerika Serikat (AS), mengabulkan hak seorang pembuat kue yang menolak menjual kuenya kepada pasangan sesama jenis.

Kantor berita AFP, Kamis (8/2/2018), melansir, gugatan itu terjadi Bakersfield, sebuah wilayah konservatif yang terletak di tengah California.

Kasusnya berawal ketika Eileen dan Mireya Rodriguez memesan kuepernikahan mereka pada Agustus 2017.

Saat itu, Cathy Miller menyediakan kue bagi mereka. Beberapa bulan kemudian, mereka kembali dengan membawa teman mereka.

Namun, di luar dugaan, Miller menolak dan mengarahkan mereka kepada salah satu kompetitornya, Gimme Some Sugar.

Miller menolak karena agama yang dianutnya tidak memperbolehkan adanya pernikahan sesama jenis.

Insiden itu kemudian berujung gugatan ke pengadilan. Puncaknya di Senin (5/2/2018), pengadilan memutuskan mengakui hak Miller.

Dalam amar putusannya, pengadilan mengakui hak pembuat kue untuk tidak menggunakan keahliannya dalam sebuah momen pernikahan yang dilarang keyakinan si pembuat kue tersebut.

"Namun, jika sudah dipajang, pembuat kue tidak boleh menolak permintaan apa pun, baik itu berdasarkan ras, agama, jender, atau identifikasi jender," ujar Pengadilan Bakersfield.

Miller, seperti diwartakan media AS via AFP, mengaku sangat senang dan bersyukur dengan vonis itu.

Kini, kasus serupa juga tengah terjadi di level Mahkamah Agung AS, di mana seorang pembuat kue bersitegang dengan pasangan gay di Colorado.

Namun, jika mengabulkan hak si pembuat kue, Mahkamah Agung terancam mencederai putusan mereka ketika melegalkan pernikahan sesama jenis pada 28 Juni 2015.

Berita ini sudah terbit di Kompas.com dengan judul Wilayah AS Ini Bolehkan Pembuat Kue Tolak Pesanan Pasangan Sesama Jenis

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved