Selain KTP, Inilah Persyaratan Untuk Asuransi Nelayan

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Jasindo untuk program Bantuan

INDRY PANIGORO
Ronald Sorongan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut  menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Jasindo untuk program Bantuan Presmi Asuransi Nelayan (BPAN).

Dalam jalinan kerjasama itu,  menyetujui beberapa persyaratan untuk asuransi nelayan.

Hal itu dikatakan Kadis DKP Sulut Ronald Sorongan, Senin (5/2/2018) sore di DPRD Sulut.  "Ada persyaratan yang dipenuhi yakni salah satunya harus memiliki KTP Nelayan,"  kata Sorongan di DPRD Sulut.

Untuk mendapatkan asuransi nelayan diperlukan persyaratan sebagai berikut :

Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Suami/Istri, Kartu Keluarga (KK).

Mempunyai Kartu Nelayan yang sudah masuk dalam database Direktorat Kenelayanan.

Nelayan yang belum pernah mendapatkan bantuan asuransi.

Nelayan berusia 17-65 tahun.

Memiliki tabungan yang masih aktif.

Adapun jaminan yang ditanggung yaitu, nelayan yang mengalami kecelakaan dan memerlukan biaya pengobatan, mengalami cacat tetap, meninggal dunia karena kecelakaan dalam bekerja, dan nelayan meninggal dunia secara alami.

Nelayan yang mengalami kecelakaan akibat melakukan aktivitas penangkapan ikan hingga mengakibatkan kematian akan diberikan santunan sebesar 200 juta rupiah, cacat tetap 100-160 juta dan biaya pengobatan sebesar 20 juta.

Sedangkan santuan akibat selain melakukan aktivitas penangkapan ikan, kalau terjadi kematian akan diberikan santunan sebesar 160 juta rupiah, cacat tetap 100 juta dan biaya pengobatan 20 juta. 

Klaim asuransi nelayan tanpa waktu lama, diselesaikan tidak lebih dari 2 minggu. Diharapkan santunan yang diterima bisa bermanfaat, digunakan dengan sebaik-baiknya untuk keluarga yang ditinggalkan. Seperti untuk pendidikan anak, memulai usaha maupun hal lainnya yang produktif. (ind)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved