Lebih Sering Terlihat di Masjid, Ini yang Dilakukan Bunda Marlina di Rutan Malendeng

Nama Marlina Moha Siahaan tak asing lagi di telinga masyarakat Sulawesi Utara. Mantan Bupati Bolaang Mongondow.

Lebih Sering Terlihat di Masjid, Ini yang Dilakukan Bunda Marlina di Rutan Malendeng
ANDREASRUAUW
Terpidana Korupsi TPAPD Bolaang Mongondow inisial MMS alias Marlina harus kembali memulai aktivitasnya di Rumah Tahanan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nama Marlina Moha Siahaan tak asing lagi di telinga masyarakat Sulawesi Utara.

Mantan Bupati Bolaang Mongondow ini terbilang punya karier cemerlang sebagai politisi. Karier politik srikandi dari bumi Totabuan ini dimulai dari bawah.

Sebagai politisi Partai Golkar, Butet, begitu ia sering disapa, dikenal ulet.

Di era kepemimpinannya, Bolmong dimekarkan menjadi empat kabupaten dan satu kota. Ada Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Kota Kotamobagu dan Kabupaten induk Bolmong.

‘Sang racing star’ pun tersandung kasus. Kepada dia, dituduhkan korupsi Tunjangan Pendapatan Aparatur Pemerintahan Desa (TPAPD) Bolmong Rp 1,2 miliar.

Butet yang telah menjadi anggota DPRD Sulut harus menanggung tuduhan itu dengan mendekam di penjara.

Tribun Manado mencoba melihat dari dekat aktivitas napi di Rumah Tahanan Klas IIA Malandeng, Kota Manado, Senin (5/2/2018).

Antrean panjang terlihat di depan Rutan di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Tikala itu. Mereka adalah keluarga dari warga binaan.

Berbagai menu makanan dan minuman bersoda tampak dibungkus dalam berbagai plastik yang dibawa.
Sebelum bertemu dengan keluarga, satu persatu pengunjung diperiksa oleh petugas Rutan.

Usai pemeriksaan, mereka langsung menuju ruang pertemuan untuk melihat sanak saudara. Dari ratusan warga binaan yang keluar, tidak terihat adanya Marlina.

Tribun Manado mencoba menemuinya, Marlina menolak untuk bertemu. “Ibu menolak ditemui," ujar seorang petugas Rutan ketika keluar dari tahanan wanita.

Kepala Rutan Kelas IIA Manado, Tony Martono menjelaskan, Marlina sudah lebih sering terlihat di masjid. "Saya kan orang baru, tapi sejak masuk di sini MMS (Marlina) sangat sering terlihat di masjid," ujar dia.

Berbeda dengan tahanan lainnya, ia bahkan sering memanggil warga binaan untuk datang ke masjid. "MMS sudah jadi orangtua dalam tahanan wanita, meski dia tergolong warga baru," kata dia.

Setiap hari Jumat, pihak Rutan Kelas II Manado selalu mengadakan olahraga bersama para warga binaan. "Moha juga sering berolahraga demi menjaga kebugaran tubuhnya," ucap dia.

Tony juga mengatakan selalu mengimbau warga binaan memperhatikan kesehatannya. "Yang terutama kan kesehatan, kami selalu sampaikan pada warga binaan agar terbuka ketika mereka merasa sakit atau sebagainya," tandasnya. *

Penulis: Nielton Durado
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved