Hanya Rp 46,5 Juta untuk Menginap di Stasiun Antariksa, Anda Tertarik?

Bagi delapan volunter yang beruntung, JAXA menawarkan 370.000 yen atau Rp 46,5 juta.

Hanya Rp 46,5 Juta untuk Menginap di Stasiun Antariksa, Anda Tertarik?
Youtube/European Space Agency, ESA
pakaian astronot 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang ( JAXA) baru saja menutup pendaftaran untuk menginap selama dua minggu di stasiun antariksa buatan. Bagi delapan volunter yang beruntung, JAXA menawarkan 370.000 yen atau Rp 46,5 juta.

Namun, ini bukan liburan. Stasiun antariksa buatan tersebut adalah sebuah eksperimen yang diciptakan JAXA untuk mengetahui gejala-gejala stres yang mungkin muncul ketika astronot harus menghabiskan banyak waktu di ruangan yang sempit selama menjalankan misinya.

Dalam eksperimen ini, para volunter akan menghabiskan 14 hari dan 13 malam terisolasi di dalam stasiun antariksa buatan di Tsukuba Space Center, Jepang. Para volunter juga akan diminta melakukan berbagai tugas yang biasa dilakukan para astronot di International Space Station ( ISS) sambil diperiksa tingkat stresnya.

Baca: Air Mata Astronot, Kesedihan Itu Tak Menetes

Sebetulnya, eksperimen ini bukan kali pertama dilakukan di dunia. NASA sendiri telah beberapa kali menyelidiki efek mikrogravitasi terhadap kesehatan manusia.

Lebih terkenal lagi adalah misi V oleh NASA. Dilansir dari Kompas.com 19 September 2017, misi ini mengharuskan enam orang untuk tinggal di sebuah lokasi yang kondisinya menyerupai planet Mars selama delapan bulan.

Misi tersebut bertujuan untuk menyiapkan astronot yang akan pergi ke Mars, serta melihat efek psikologis dari misi yang panjang di planet tetangga kita.

Untungnya, para volunter JAXA hanya perlu bertahan selama dua minggu atau hanya sepertujuh belas dari apa yang dialami oleh kru misi V.

Berita Ini Telah Tayang di Kompas.Com dengan Judul “Rp 46,5 Juta dari JAXA untuk Menginap di Stasiun Antariksa, Mau?”

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved