News Analysis - Ralfie Pinasang: Proses Hukum Kasus RSJ Ratumbuysang Harus Tetap Jalan

Upaya Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara untuk memproses kasus dugaan korupsi di daerah ini patut diapresiasi.

News Analysis - Ralfie Pinasang: Proses Hukum Kasus RSJ Ratumbuysang Harus Tetap Jalan
WARSTEFF ABISADA
Dr Ralfie Pinasang 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Upaya Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara untuk memproses kasus dugaan korupsi di daerah ini patut diapresiasi.

Apalagi jika dalam penanganan kasus tersebut, berhasil mengembalikan kerugian keuangan Negara yang ditimbulkan seperti yang terjadi pada kasus dugaan korupsi pembangunan RSJ Ratumbuysang dan Pemecah Ombak Likupang.

Baca: Kejati Sulut Terima Uang dari David Liando, Rosa Tidajoh dan Robby Maukar

Tugas utama dari penyidikan kasus dugaan korupsi memang tak hanya sebatas untuk menjerat pihak-pihak yang diduga terlibat, tapi sebisa mungkin bisa mengembalikan kerugian keuangan Negara.

Pengembalian kerugian keuangan Negara tersebut tentu tak otomatis menghapus tindak pidana atau menghentikan proses hukum. Proses hukum tetap jalan, namun tentu dengan dikembalikannya kerugian keuangan Negara tersebut, bisa menjadi salah satu pertimbangan meringankan bagi majelis hakim untuk memutus satu perkara.

Baca: Kejati Titip Rp 2,3 Miliar di BRI Manado

Pengembalian kerugian keuangan Negara tersebut menjadi tanda adanya itikad baik dari para tersangka, untuk taat pada proses hukum yang sementara berjalan. Soal putusan perkara nantinya sepenuhnya menjadi kewenangan majelis hakim. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved