Minahasa - Masyarakat Minahasa Diminta Waspada Rabies

Masyarakat Minahasa pemilik hewan diminta untuk menjaga hewan peliharaan atau rutin melakukan vaksinasi.

IST
Maximilianus Umboh 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Masyarakat Minahasa pemilik hewan diminta untuk menjaga hewan peliharaan atau rutin melakukan vaksinasi.

Sebab menurut data Dinas Kesehatan Minahasa pada 2017 angka kasus gigitan hewan penular rabies masih tergolong banyak yaitu mencapai 888 kasus, dan satu di antara korban meninggal dunia.

Jumlah tersebut menurut Maximilianus Umboh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Minahasa menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1044 kasus dengan lima di antara korbannya meninggal dunia.

"Paling banyak kasus gigitan anjing, disusul gigitan hewan pembawa rabies lainnya semisal kucing," jelasnya.

Dijelaskannya, Dinkes Minahasa bekerjasama dengan dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa, balai konservasi, dan balai satwa liar Provinsi Sulut.

"Kami sudah rencanakan tahun ini akan melakukan sosialisasi bersama agar masyarakat bisa memahami cara pemeliharaan hewan agar terhindar dari penyakit rabies," ujarnya.

Umboh mengingatkan kepada pemilik hewan peliharaan agar rutin melakukan vaksinasi dan memeriksakan hewan ke dokter hewan.

"Kalau ada yang hewannya terkena rabies atau menggigit orang, segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti, jangan justru disembunyikan atau malah hewannya dipotong, sebab itu sangat berbahaya," ujarnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved