Di Amerika Serikat, Petugas Bea Cukai Diperbolehkan Salin isi Ponsel yang Dicurigai

Selain itu, para petugas Bea Cukai juga bisa menyalin (copy) informasi-informasi di dalam ponsel atau perangkat elektronik lainnya

Di Amerika Serikat, Petugas Bea Cukai Diperbolehkan Salin isi Ponsel yang Dicurigai
Saul Loeb/AFP
Seorang petugas Badan Keamanan Transportasi (TSA) memeriksa identitas penumpang di boarding pass di bandara nasional Ronald Reagan, Arlington, Virginia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Agen Perlindungan Bea dan Cukai Amerika Serikat(CBP) menginspeksi sekitar 30.200 smartphone dan perangkat elektronik lainnya sepanjang 2017 lalu.

Angka itu meningkat 60 persen dibandingkan pada 2016.

Tahun ini, aturan soal inspeksi smartphone atau ponsel pun diperbarui, di mana para petugas CBP dipersilahkan menginspeksi informasi yang tersimpan di dalam perangkat smartphone atau elektronik lainnya.

Namun untuk data file yang tersimpan di cloud, mereka tidak bisa.

Selain itu, para petugas Bea Cukai juga bisa menyalin (copy) informasi-informasi di dalam ponsel atau perangkat elektronik lainnya, untuk menganalisa konten lebih lanjut.

Akan tetapi, kebijakan copy data ini hanya dilakukan pada oknum-oknum yang dicurigai melakukan tindak kriminal.

Menurut Deputy Executive Assistant Commissioner, Office of Field Operations CBP, John Wagner, pembaruan kebijakan ini demi menjaga keamanan nasional.

Pasalnya, banyak orang lalu-lalang masuk dan keluar AS dengan beragam motif.

“Di era digital, pengamanan untuk perangkat elektronik sangat esensial untuk penegakan hukum dan perlindungan warga AS,” kata dia.

“Otoritas CBP akan terus diuji secara hukum, agar bertanggung jawab dan konsisten dengan kepercayaan publik,” ia menambahkan.

Halaman
12
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved