Penerbangan Pesawat Tertunda Berjam-jam Hanya Karena Seekor Burung Kecil

Seekor burung kecil yang menyelinap masuk ke dalam ruang kokpit pesawat menyebabkan satu penerbangan tertunda

Editor: Siti Nurjanah
Justin Sullivan / AFP
Pesawat milik maskapai Delta Air Lines terparkir di bandara San Fransisco. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seekor burung kecil yang menyelinap masuk ke dalam ruang kokpit pesawat menyebabkan satu penerbangan tertunda berjam-jam.

Penerbangan Delta Air Lines dari Detroit ke Atlanta pada Sabtu (30/12/2017) terpaksa ditunda keberangkatannya setelah pilot melaporkan melihat burung terbang di dalam kokpit.

Pilot itu menduga burung yang sangat kecil itu adalah burung kolibri.

Namun pihak maskapai hanya menyebutnya sebagai 'penumpang gelap'.

Salah seorang penumpang pesawat, Shane Perry mendengar saat pilot berlari keluar dari kokpit dan berkata pada petugas tiket di jembatan masuk pesawat.

"Pilot itu berkata 'Selama 18 tahun di pekerjaan ini, baru kali ini saya menghadapi situasi seperti ini. Ada seekor burung di dalam kokpit'," kata Perry mengutip pilot yang bertugas.

Dia menceritakan selama menunggu bersama penumpang lainnya, tak lama kemudian beberapa petugas yang mengenakan rompi kuning menggeledah ruang kokpit.

Namun setelah beberapa lama dicari, burung tersebut tetap belum ditemukan. Pilot dan juga para penumpang beberapa kali memeriksa jam mereka.

Setelah satu jam berlalu dan 'penumpang gelap' belum juga ditemukan, otoritas bandara sempat mempertimbangkan untuk berganti pesawat. Namun kemudian pilot menegaskan agar burung tersebut segera dikeluarkan.

Tak lama kemudian, pilot memutuskan untuk tetap memberangkatkan pesawat, meski burung yang dicari belum ditemukan.

"Tapi pilot juga berkata pada para penumpang bakal memutar kembali jika mendengar ada kicauan di dalam pesawat. Saat itu saya menganggapnya sebagai gurauan," kata Perry.

Dan apa yang dikhawatirkan terjadi. Tak sampai lima menit usai lepas landas, pilot mengumumkan melalui intercom burung itu kembali muncul dan benar-benar memutuskan kembali ke bandara.

Pesawat itu hanya sempat terbang sesaat sebelum akhirnya berbalik arah, membuat rute memutar di atas kota Detroit dan kembali mendarat.

Setibanya kembali di bandara, petugas dengan rompi kuning kembali melakukan penggeledahan.

Beberapa penumpang lain sempat meninggalkan pesawat untuk mencari penerbangan lain. Namun setelah mempertimbangkan tidak ada penerbangan yang lebih cepat, mereka pun kembali.

Setelah dilakukan pencarian kedua, akhirnya petugas keluar dar ruang kokpit dengan memegang handuk terbungkus di tangannya. Di dalam handuk terlihat seekor burung kecil yang langsung dibawa keluar pesawat.

Akhirnya, pesawat bisa benar-benar diberangkatkan ke tempat tujuan.

" Burung kecil itu telah dikeluarkan dengan selamat dan dibebaskan," tulis pernyataan pihak maskapai.

Berita ini sudah terbit di Kompas.com dnegan judul Seekor Burung Kecil Akibatkan Penerbangan Pesawat Tertunda Berjam-jam

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved