Hilmi: SIM Penting untuk Klaim Asuransi Kecelakaan

SIM salah satu syarat penting untuk mengklaim asuransi kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi maupun dinas

Hilmi: SIM Penting untuk Klaim Asuransi Kecelakaan
Ist
PT Asuransi Astra Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi satu di antara syarat penting untuk mengajukan klaim di asuransi kendaraan bermotor. Namun sering hal tersebut kurang menjadi perhatian, sehingga klaim asuransi ditolak.

"Biasanya pengemudi lupa SIM sudah tak berlaku lagu, sehingga ketika akan klaim ditolak. Karena asuransi juga mengikuti klaim yang berlalu," ujar Branch Manager Asuransi Astra Manado (Garda Oto) Hilmi Farizan, Kamis (28/12/2017).

Masa berlaku SIM mati sama saja pengendara tak memilikinya. Oleh karena itu perusahaan asuransi akan menolaknya.
"Karena jika SIM mati saja sehari sudah tak berlaku, harus diperpanjang," ungkapnya.

Sementara itu, asuransi kendaraan sendiri terbagi menjadi dua, yakni berdasarkan jenis dan penggunaan. Kendaraan yang bisa diasuransikan berdasarkan jenis, yaitu mobil penumpang. kendaraan truk dan pick up serta kendaraan bus dan minibus.

Jika dilihat berdasarkan penggunaan. osuransi terbagi lagi menjadi kendaraan pribadi atau dinas dan kendaraan komersial. Kendaraan pribadi atau dinas yang dimaksud adalah penggunaan pribadi tidak mendapalkan imbalan jasa atau uang.

Sedangkan kendaraan komersial merupakan kendaraan yang disewakan atau untuk mengangkut penumpang atau barang dan mendapatkan imbalan jasa atau uang dari hasil menyewakan. Misalnya seperti mobil rental, taksi online. dan juga angkutan antar jemput anak sekolah.

Penulis: Herviansyah
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved