Bolsel - BPBD Terima Proposal Permohonan Bantuan

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel),

Bolsel - BPBD Terima Proposal Permohonan Bantuan
Istimewa
Rumah non permanen di Kecamatan Tomini, Bolsel, yang rusak dihantam angin puting beliung. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), telah menerima proposal permohonan bantuan rehab rumah korban angin puting beliung di Kecamatan Tomini, Rabu (20/12).

Proposal tersebut diserahkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes), sebagaimana yang diminta oleh BPBD untuk diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

"Tapi dari semua (sesuai data awal) baru tiga proposal dari tiga desa yang kita terima. Sisanya belum masuk," ujar Kepala Bidang Rehab Rekon BPBD Bolsel, Maxi Kambey.

Dikatakannya, sesuai ketentuan yang ada, bantuan untuk rumah warga yang rusak akibat bencana semuanya dalam bentuk rehab.

Dan susuai aturan tidak akan membangun rumah yang baru meski rumah rusak parah.

"Jadi, jenis bantuan yang akan disalurkan nanti dalam bentuk bahan bangunan," terang Maxi Kambey.

Lanjutnya, proposal yang sudah diterima BPBD Bolsel akan segera ditindaklanjuti namun akan menunggu anggaran Tahun 2018.

"Kalau sekarang bantuan belum bisa direalisasikan karena sudah akhir tahun. Anggaran yang tersedia sudah sangat minim, tidak cukup untuk membiayai bantuan tersebut," ujarnya.

Setelah proposal tersebut diterima, maka pihaknya akan menurunkan tim survey ke lapangan. Mereka akan melihat kondisi runah warga yang rusak karena bencana.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved