Kemendag Gelar Pasar Murah di Wori

Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menggelar pasar murah di Wori Minahasa Utara (Minut).

Kemendag Gelar Pasar Murah di Wori
ISTIMEWA
Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menggelar pasar murah di Wori Minahasa Utara (Minut), pada Senin (18/12/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menggelar pasar murah di Wori Minahasa Utara (Minut).

Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas stok dan harga komoditas strategis hingga perayaan Natal dan pergantian tahun 2018.

"Menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti ini kami ingin seluruh masyarakat lebih tenang dan dapat tersenyum memyambut Natal tanpa dibebani kenaikan harga bahan pokok. Kami memastikan di seluruh daerah di Indonesia harga bahan pokok sesuai harga eceran tertinggi (HET) seperti yang diatur Kemendag, termasuk di Minahasa Utara dan Bitung Sulawesi Utara ini," ujar Direktur Pemasaran dan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Luther Palimbong, Senin (18/12/2017).

Dalam pasar murah yang bekerjasama dengan Sucofindo Surveyor Indonesia disiapkan 1.000 paket sembako untuk diberikan kepada masyarakat di kecamatan tersebut. Setiap paket terdiri dari beras 3 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, dan sirup1 botol seharga Rp 100.000 namun dijual masyarakat seharga Rp 50.000 per paket.

"Masyarakat membeli kupon dan ditukar dengan paket sembako. Hasil penjualan diserahkan sepenuhnya ke sejumlah gereja,"ungkapnya.

Palimbong lebih lanjut menjelaskan pemerintah memiliki tugas penting dalam memperkuat kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

Pertama, menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dengan menyerap produksi dalam negeri.

Kedua, menjaga neraca perdagangan melalui peningkatan ekspor produk dalam negeri dan mendorong impor bahan baku.

Ketiga, penataan dan revitalisasi pasar rakyat melalui pembinaan kepada pedagang pasar untuk menjaga kesetaraan harga antara pasar tradisional dan pasar modern serta kemudahan untuk suplai produk yang akan dijual di pasar rakyat.

Halaman
12
Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved