Breaking News:

Asal Usul Mangkuk Ayam Hingga Wajah Pria Tersiram Aspal

Kompilasi berita dan kabar terbaru terpopuler hari ini Top 5 di Tribun Manado

Penulis: | Editor:
TRIBUNMANADO

TRIBUNMANADO.CO.ID – Berita tentang asal usul mangkuk ayam,  bagi para penggemar kuliner berkuah seperti mie ayam, bakso, dan lainnya, mungkin tak merasa asing dengan mangkuk bergambar ayam jago.

Orang-orang berusia produktif yang tumbuh di era 70-80an pun juga familiar dengan keberadaan mangkuk ini. Bagi mereka, mangkuk ayam jago bisa menjadi pengikat ingatan kolektif masa-masa menyantap bakso di warung favorit.

Berikut ini lima berita populer di portal Tribun Manado hingga pukul 13.00 Wita

1. Asal Usul Mangkuk Ayam Jago yang Tersohor

Jaman sekarang ini, gambar ayam jago pada mangkuk yang legendaris tersebut menjadi inspirasi para kaum muda kreatif untuk membuat beragam aksesoris. Seperti tas, kaus, topi, selendang, sarung bantal hingga selampai. 

Melihat hal itu, produsen asli mangkuk ayam jago menghimbau agar pengusaha lain tidak menggunakan desain gambar yang sama. Ini terkait dengan hak cipta perusahaan dari PT Lucky Indah Keramik.

Kisah si mangkuk ayam jago

Kisahnya berawal pada masa Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487). Saat itu, Sang Kaisar memesan empat buah cawan bergambar ayam jago dan ayam betina pada pengrajin keramik khusus kekaisaran di daerah Jingdezhen (Propinsi Jiangxi) --yang terkenal menghasilkan keramik untuk istana sejak abad 6 M. 

Kaisar Chenghua memesan empat buah cawan keramik dengan teknik doucai, khusus untuk dirinya dan istrinya sebagai tanda cinta. Cawan tersebut terkenal dengan Jigangbei atau ‘cawan ayam’. Terdiri dari gambar ayam jago, betina, dan anak ayam yang bermakna kemakmuran. Banyak anak, banyak rejeki.

Dipuja-puja Kaisar Tiongkok

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved