Bondan Winarno, Pertama Kali Memasak Saat Kemah Pramuka

Presenter kuliner Bondan Winarnomeninggal dunia pada Rabu (29/11/2017) pagi di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Bondan Winarno, Pertama Kali Memasak Saat Kemah Pramuka
(KOMPAS/EDDY HASBY)
Bondan Winarno 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presenter kuliner Bondan Winarnomeninggal dunia pada Rabu (29/11/2017) pagi di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Meski awalnya tidak suka memasak, almarhum yang dikenal dengan jargon "maknyuss" saat membawakan acara kuliner itu pada akhirnya justru menjadi mahir membuat sedap masakan.

Oleh banyak kalangan, Bondan dikenal sebagai "pakar masakan". Kolom-kolomnya mengenai makanan di surat kabar yang dipimpinnya dulu selalu segar dan menarik.

Harian Kompas pada 25 April 2004 memuat cerita tentang sosok Bondan. Bondan mengaku bahwa hobi memasak diperoleh dari ibunya.

Sebelum jatuh cinta pada dunia kuliner, Bondan menilai urusan masak-memasak adalah urusan menyebalkan. Katanya, waktu itu ia selalu merasa sebal setiap kali ibunya meminta dia untuk membantu memasak di dapur.

Entah mengapa, di antara ketujuh saudaranya, dia paling sering diminta membantu di dapur, umpamanya untuk menumbuk kacang dan tepung beras.

Rupanya kebiasaan itu membuatnya mahir mengolah makanan. Ketika ikut kegiatan kemah Pramuka sewaktu duduk di sekolah dasar, bocah kelahiran Surabaya, Jawa Timur, itu bisa memasak sayur asem untuk teman-teman satu kelompok.

Itulah pertama kali ia memasak. Resep sayur asem didapat dari sang ibu. Hasil masakannya disenangi teman-temannya. Sejak itulah Bondan mulai senang memasak.

Keahlian memasak Bondan yang menikah dengan wanita Spanyol bernama Yvonne semakin terasah berkat ajaran adik iparnya yang memiliki restoran di Italia.

"Adik saya itu kebetulan seorang koki dan punya restoran. Jadi kalau saya ke sana, saya sering memperhatikan cara memasaknya. Setelah itu saya praktikkan sendiri dengan beberapa eksperimen," kutip Kompas.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved