(VIDEO) Pasangan Siswa Kelas 1 SMA ini Dinikahkan Muda Gara-gara Hal ini

Mereka melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan di rumah Andini menggunakan adat Mandar.

TRIBUNMANADO.CO.ID, POLEWALI MANDAR - Pasangan muda yang baru saja menikah membuat geger warganet Sulawesi Barat, Minggu (26/11/2017).

Mereka dibuat heboh lantaran beredarnya foto-foto pernikahan sepasang anak baru gede (ABG) melalui media sosial dan grup aplikasi pesan instan.

Melansir Tribun Timur, Senin (27/11/2017), pasangan Andini (mempelai perempuan) dan Arling (mempelai laki-laki) merupakan siswa kelas X pada SMA yang sama.

Andini (15) adalah warga Lampa, Kelurahan Mappili, Kecamatan Mappili, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat.

Sementara Arling (16) adalah warga Banua Baru, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman.

Mereka melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan di rumah Andini menggunakan adat Mandar.

Latar belakang dari pernikahan mereka adalah kerapnya sang orangtua mendapati mereka pulang saat subuh.

"Dinikahkan karena selalu pulang subuh sama pacarnya. Pernikahan ini untuk mencegah kemudaratan," ungkap seorang narasumber padaTribunSulbar.com.

Menurut informasi dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Barat, Andi Ritamariani, Sulawesi Barat memang menempati urutan pertama provinsi yang memiliki kasus pernikahan dini.

Berdasarkan hasil data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 Sulawesi Barat, rata-rata usia kawin pertama berada pada usia 19,3 tahun.

Sementara hasil data SDKI 2012 menunjukan angka 19,1 tahun.

"Data ini menggambarkan adanya penurunan rata-rata usia kawin pertama pada perempuan di Sulbar yang seharusnya angka ini harus dinaikkan," kata Andi. (TribunVideo.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved