Bea Cukai Sita 5,6 Juta Mililiter Miras Ilegal

Petugas menemukan ratusan karton miras tersebut tanpa dilekati pita cukai yang merupakan bukti pembayaran terhadap pungutan cukai

Bea Cukai Sita 5,6 Juta Mililiter Miras Ilegal
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara bekerjasama dengan aparat hukum di Sulut dan Pemda menyita sedikitnya 754 karton minuman keras ilegal.

Jika ditotal maka ada sebanyak 9.048 Botol atau 5.609.760 mililiter miras yang beredar di Kabupaten Kota di Provinsi Sulut.

Hal itu diungkap saat konferensi pers di Kantor Keuangan Negara di Jalan Bethesda, Senin (27/11/2017).
Petugas menemukan ratusan karton miras tersebut tanpa dilekati pita cukai yang merupakan bukti pembayaran terhadap pungutan cukai

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bagian Utara, Cerah Bangun mengungkapkan, bea cukai sudah melakukan penyitaan sejalan dengan komitmen melindungi dari potensi bahaya yang ditimbulkan dari peredaran barang-barang ilegal.

Penindakan terhadap miras ilegal ini dilakukan sejak pertengahan Oktober hingga awal November 2017

Selasa (17/10), petugas menyita 254 karton di Amurang, Minahasa Selatan.

Berselang Kamis (19/10), petugas menyita tujuh karton di Kota Tomohon.

Selain itu petugas mengamankan dua kasus menindak 14 dan 326 karton miras ilegal di Kota Kotamobagu.

"Dari kelima penindakan itu diperoleh bukti bahwa miras ilegal tersebut diproduksi dua Perusahaan berinisial PTGMAB dan CV SA," kata dia.

Barang bukti yang diamankan dibawa ke kantor Bea Cukai Sulut Bagian Utara untuk dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan perundangan .

Dari kasus ini kedua perusahaan disinyalir telah melakukan tindak pidana di bidang cukai sesuai dengan Undang-undang Cukai nomor 39 tahun 2007 pasal 52 dan/atau pasal 54

"Dengan beredarnya barang-barang tersebut dapat mengancam perusahaan perusahaan yang taat pada aturan, sehingga penindakan ini juga ditujukan untuk menjaga keberlangsungan industri yang taat hukum," kata dia. 

Penulis: Ryo_Noor
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved