Kereen! Kabupaten Kepulauan Sangihe Jadi Sentra Produksi Kain Koffo

Setelah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Cindy meminta dukungan Pemkab Sangihe.

Kereen! Kabupaten Kepulauan Sangihe Jadi Sentra Produksi Kain Koffo
ISTIMEWA
Kain Koffo 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, TAHUNA - Cindy Wowor pendiri COFO terus mencari dukungan untuk merevitalisasi kain koffo asal Nusa Utara.

COFO adalah organisasi untuk tujuan pengembangan dan pelestarian kain tenun Koffo sebagai salah satu nilai nilai budaya bangsa

Setelah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,  Cindy meminta dukungan Pemkab Sangihe.

Cindy diterima langsung oleh Bupati Jabes Gaghana di Kantor Bupati, Selasa (21/11).

Pada pertemuan itu Pemkab Sangihe menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Cindy Wowor untuk merevitalisasi kembali kain tenunan Koffo yang sempat punah.

Pengembangan dan pelestarian direncanakan dengan menggunakan bahan kapas dan modern lainnya dengan mempertahankan ragam hias asli Koffo, serta modifikasi baru yang di kembangkan sebagaimana asli pada masa lalu.

"Pemerintah Kabupaten Sangihe memberikan sudukungan sepenuhnya kepada Cindy Wowor untuk melakukan revitalisasi kembali kain tenunan Koffo," kata Gaghana.

Apalagi kain tenunan Koffo sudah merupakan salah satu dari 33 kain tradisional yang telah diakui Pemerintah sebagai Kekayaan Warisan Budaya Tak Benda dan penetapannya melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Budaya.

Gaghana pun meminta kepada Dinas Parawisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pertanian untuk membuat program tahun 2018 agar mendukung upaya revitalisasi kembali

"Kalau bisa juga ada program menjadikan salah satu desa di Kabupaten Sangihe sebagai Sentra Produksi Tenunan Kain Koffo," tambahnya.

Sentra Produksi Kain Tenunan Koffo di Kabupaten Kepulauan Sangihe nantinya akan dioptimalkan untuk meningkatkan kembali budaya tenunan kain koffo dari masyarakat serta dapat juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di samping itu juga desa tersebut akan menjadi destinasi pariwisata di daerah.

Cindy menjelaskan rencana COFO untuk mendirikan sentra produksi tenunan kain koffo di Sangihe.

"Di mana itu juga sudah menjadi program dari COFO karena tahun depan kami akan mendirikan Sentra Produksi Tenunan Kain Koffo yang rencananya di Desa Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara," kata Cindy.

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved