Seminar Hukum Keuangan Negara: Hati-hati Mengelola Anggaran

Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Direktorat Sistem Perbendaharaan

Seminar Hukum Keuangan Negara:  Hati-hati Mengelola Anggaran
WARSTEFFABISADA
Seminar Hukum Keuangan Negara dengan topic ‘’Pengujian Atas Pengeluaran Pemerintah dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi’’ 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID— Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Direktorat Sistem Perbendaharaan, menggelar Seminar Hukum Keuangan Negara dengan topic ‘’Pengujian Atas Pengeluaran Pemerintah dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi’’, Kamis (16/11).

Seminar tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Keuangan Negara yang dihadiri utusan dari KPK, Kemendagri, Bareskrim Polri dan utusan pemerintah kabupaten/kota se-Sulut. ‘’Seminar ini sangat baik, sebab dapat menambah wawasan dalam melaksanakan tugas mengelola keuangan daerah menjadi lebih baik,’’ kata Gerardus Mogi, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon usai seminar.

Banyak informasi yang menurut Mogi didapat dari seminar tersebut. Misalnya, upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi karena kesalahan pengelolaan anggaran.

‘’Paling tidak bisa diketahui upaya untuk menghindari terjadinya korupsi dalam pengelolaan anggaran, terutama menjelang akhir tahun ini,’’ tegasnya.

Sulaimansyah, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara mengingatkan kepada seluruh jajaran pemerintah, untuk meningkatkan kehati-hatian dalam mengelola anggaran, agar tak terjadi kesalahan.

‘’Hati-hati dalam mengelola anggaran, agar tak terjadi kesalahan baik untuk dana pusat maupun daerah,’’ jelasnya.

Serapan anggaran di daerah menurutnya belum optimal. Misalnya untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baru mencapai 55 persen secara keseluruhan. ‘’Untuk APBN hingga akhir tahun mungkin hanya bisa mencapai 88 persen. Jadi, kecepatan penyelesaian kerja harus lebih baik, agar anggaran terserap optimal,’’ tukasnya. (War)

Penulis:
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved