Ini Tambahan Cukai yang Bakal Diberlakukan Pemerintah

Pemerintah punya rencana menarik cukai dari emisi kendaraan. Selain itu ada rencana mengenakan cukai kepada plastik.

Ini Tambahan Cukai yang Bakal Diberlakukan Pemerintah
afp
gas emisi dari klalpot kendaraan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah punya rencana menarik cukai dari emisi kendaraan. Selain itu ada rencana mengenakan cukai kepada plastik kresek dan minuman berpemanis, pemerintah juga berencana mengenakan cukai pada emisi kendaraan bermotor.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengatakan, dunia usaha sejatinya tak keberatan dengan cukai emisi kendaraan bermotor. Asalkan ada keadilan dalam pemungutan cukainya.

Sebelumnya, sempat muncul wacana pengenaan cukai berdasarkan besar-kecilnya emisi yang dihasilkan. Jika ini diterapkan mentah-mentah, menurut Jongkie, industri bisa kacau. 

“Apabila hanya memakai acuan gas buang CO2 dengan ukuran gram per kmnya, akan ada ketimpangan. Di industri kami masih banyak yang gram per kmnya cukup tinggi,” kata Jongkie kepada Kontan.co.id, Kamis (9/11).

Sementara itu, jika industri mengimpor mobil dengan teknologi canggih yang emisi gram per kmnya rendah, harganya akan lebih mahal. “Akibatnya bisa timpang. Mobil mewah dan canggih kena cukai kecil, sedangkan yang diproduksi di sini, yang masih biasa saja kena pajaknya tinggi. Itulah concern kami agar ada kehati-hatian,” ujarnya. *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved