Ubah Bangunan RSJ Ratumbusyang Mangkrak Jadi RSU, Pemprov Siapkan Dana Rp 400 Miliar

"RS ada revenue (pendapatan) sehingga menjadi keyakinan pemerintah menjamin itu nanti ada pengembalian dari pinjaman ini,"

Ubah Bangunan RSJ Ratumbusyang Mangkrak Jadi RSU, Pemprov Siapkan Dana Rp 400 Miliar
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Kondisi bangunan RSJ Ratumbuysang yang mangkrak. Foto pada Selasa (25/10/2017) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tidak terpengaruh proses hukum yang membelit dugaan korupsi Rumah Sakit Ratumbuysang, Pemprov tetap bersikukuh melanjutkan pengembangan pembangunan RS Ratumbuysang menjadi Rumah Sakit Umum Daerah

Rencana itu akan menelan anggaran Rp 400 miliar. Pemprov sedang berupaya mewujudkan dana ini cair lewat utang dari  PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebuah Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sekprov Sulut Edwin Silangen mengatakan, rencana meminjam dana untuk bangun RS Ratumbuysang ini sudah mendapat persetujuan DPRD.

"Prosesnya ini sedang dalam tahap feasibility study (studi kelayakan)," kata dia.

PT SMI lanjut Silangen sudah datang ke Sulut meninjau rencana.

"PT SMI sudah meninjau, mengumpulkan data," sebutnya.

Pemprov pun optimistis rencana ini bisa terwujud. Membangun RS tujuan utamanya untuk pelayanan kesehatan, namun dari segi bisnis pun cukup menguntungkan selain itu RS memang sebuah kebutuhan.

"RS ada revenue (pendapatan) sehingga menjadi keyakinan pemerintah menjamin itu nanti ada pengembalian dari pinjaman ini," ungkapnya.

RS Ratumbuysang yang baru akan dibangun di lokasi yang ada saat ini, sementara RS Jiwa akan dipindah ke Kalasey.  Dari segi tempat dan lahan Silangen mengatakan sudah bisa terpenuhi.

RS ini akan dibangun dengan kapasitas 300 kamar.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved