Jambore Nasional Tagana Asean - Hermanto Bangga Ikut Lomba Water Rescue

Mereka diberikan waktu 15 menit untuk melakukan aksi penyelamatan korban yang diperagakan oleh relawan.

Jambore Nasional Tagana Asean - Hermanto Bangga Ikut Lomba Water Rescue
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Sebanyak 31 tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) berusaha menjadi yang terbaik pada lomba water rescue (penyelamatan korban di air) yang menjadi rangkaian kegiatan Jambore Nasional Tagana Asean +3, 23-27 Oktober di Minahasa. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDNAO - Sebanyak 31 tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) berusaha menjadi yang terbaik pada lomba water rescue (penyelamatan korban di air) yang menjadi rangkaian kegiatan Jambore Nasional Tagana Asean +3, 23-27 Oktober di Minahasa.

Lomba di gelar di lokasi wisata Sumaru Endo, setiap tim hanya terdiri dari empat orang, dan sebelum turun mereka diberikan pengarahan oleh tim juri dari Basarnas Manado.

Mereka diberikan waktu 15 menit untuk melakukan aksi penyelamatan korban yang diperagakan oleh relawan.

Ada tiga item yang menjadi poin penilaian utama yaitu kerjasama tim, teknik penyelamatan, serta penanganan medis.

"Peserta sangat antusias dan memang sudah ada beberapa tim yang mempersiapkan diri dan memiliki modal dasar melakukan penyelamatan sesuai dengan prosedur," jelas Oktavianus tim penilai Basarnas Manado.

Sebab menurutnya, sebenarnya sudah pernah ada pelatihan water rescue bersama di Basarnas pusat, sehingga memang sudah ada yang punya pengetahuan itu.

"Tinggal sebenarnya bagaimana mereka melakukan koordinasi untuk pelatihan lagi dengan Basarnas di daerah masing-masing," jelas dia.

Peserta yang ikut pun memang nampak antusias dan bangga bisa mengikuti lomba tersebut.

"Kegiatan ini sangat baik terutama potensi SAR, bangga ada kegiatan seperti ini, apa yang sudah kami pelajari sesuai SOP kami laksanakan," jelas Hermanto dari tim Tagana Bangka Belitung.

Ia menjelaskan kendala yang dihadapi yaitu arus dan arah angin."Tapi kami harus siap menghadapi segala situasi dan kondisi alam, dan harus mampu bekerja untuk melaksanakan tugas membantu masyarakat yang tertimpa musibah demi negara," jelasnya dengan penuh semangat.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved