Torang Kanal - Siti Nur Fitria: Lestarikan Budaya

SITI Nur Fitria bangga bisa menarikan dana dana, warisan budaya Bolaang Mongondow.

Torang Kanal - Siti Nur Fitria: Lestarikan Budaya
FINNEKE WOLAJAN
Siti Nur Fitria 

SITI Nur Fitria bangga bisa menarikan dana dana, warisan budaya Bolaang Mongondow. Meski ia sendiri berasal dari suku Jawa, yang telah membumi di tanah Totabuan.

Apalagi wanita kelahiran 20 Januari 1991 ini telah mencintai seni sejak kecil. Kecintaannya ini pula yang membawanya sebagai pelatih seni di MAN 1 Bolmong. Di pelajaran utamanya, guru aqidah akhlak.

Siti menjadi satu di antaran peserta festival budaya tarian dana dana dan masamper 2017 Pemkab Bolmong, Kamis - Sabtu hari ini. Siti senang bisa ada pergelaran ini.

"Karena ini mempertemukan berbagai budaya kan, orang-orang juga. Ada dari Minahasa, Sangihe, Bolmong Raya sendiri. Ini bagus," ujarnya Jumat (20/10).

Siti berharap kalau boleh pergelaran seperti ini rutin dilakukan, sebagai upaya pelestarian budaya di Bolaang Mongondow. Agar generasi muda tahu betul siapa jati dirinya.

"Apalagi zaman sekarang bisa mengikis budaya yang ada. Makanya kegiatan seperti ini sangat baik untuk melestarikan budaya. Di samping menjalin silahturahmi," ucapnya.

Tarian dana dana rumit, menurutnya. Namun untungnya ia bisa menyesuaikan diri dengan tarian ini. "Saya dari Jawa. Dana dana yang kami tampilkan adalah kolaborasi budaya Jawa, Bali dan Mongondow sendiri. Awalnya rumit, tapi bisa teratasi," ucapnya. (fin)

Penulis: Finneke
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved