Pulau Bangka Tuan Rumah Kegiatan Coral Day 2017

Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara , Sulut akan menjadi tempat perhelatan Coral Day 2017

Pulau Bangka Tuan Rumah Kegiatan Coral Day 2017
TRIBUNMANADO/FRANSISKA NOEL
Gugusan karang indah di Pulau Bangka, Minahasa Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara , Sulut akan menjadi tempat perhelatan Coral Day 2017 yang akan digelar Jumat (20/10/2017).

Ulva Takke Ketua Yayasan Suara Pulau mengatakan, gelar kegiatan coral Day ini menandakan perjuangan untuk melestarikan karang untuk kehidupan berkelanjutan di masa depan belumlah usai. 

Kata Ulva, masih maraknya upaya-upaya illegal fishing, buangan limbah industri ekstraktif ke laut, penangkapan ikan tidak lestari dengan bom dan potasium, sedimentasi, dan polusi dari kegiatan manusia adalah fakta nyata di lapangan yang perlu ditanggulangi bersama, tidak hanya oleh pemerintah, tetapi juga kelompok masyarakat yang menggantungkan hidupnya di laut.

Kegiatan Coral Day sudah dilaksanakan sejak 2014 di gugusan pulau Kinabuhutan, Talise, Bangka, Gangga disingkat Kitabangga.

Kitabangga merupakan oase bagi pecinta kehidupan laut untuk mengumpulkan energi dan berbagi tentang upaya-upaya pelestarian dan praktik-praktik ekonomi kelautan berbasis alam yang berkelanjutan. 

Sejumlah kegiatan disiapkan dalam acara Coral Day ini, pembentangan benderasimbol pelangi di area kebun karang oleh para relawan penyelam. 

Diadakan pula upacara adat, pendidikan sumberdaya laut bagi anak sekolah, pemasangan baliho apung untuk penandaan kebun karang (coral garden), festival layang-layang, pendidikan sumberdaya laut untuk anak sekolah, pelepasan tukik, dan pembentukan wilayah konservasi terumbu karang.

Acara itu makin lengkap karena diramaikan  berbagai kegiatan diantaranya penurunan instalasi seni Domus Piramidis Dugong, pentas seni dan budaya, pendidikan lingkungan “belajar bersama alam”, permainan bertema pendidikan dan pertunjukan panggung boneka, talk show tentang terumbu karang dan diakhiri oleh penampilan akustik oleh Kaka Slank. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved