Peringatan Coral Day 2017, Teguh Ostenrik Tenggelamkan Piramida Dugong

Perhelatan Coral Dary 2017 digagas Yayasan Suara Pulau bekerjasama Yayasan Terumbu Rupa (YTR)

Peringatan Coral Day 2017, Teguh Ostenrik Tenggelamkan Piramida Dugong
(ist)
Karya seni Domus Piramidis Dugong untuk tempat tumbuh terumbu karang di dasar laut 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Perhelatan Coral Dary 2017 digagas Yayasan Suara Pulau bekerjasama Yayasan Terumbu Rupa (YTR) akan mengkreasikan instalasi karang buatan.

Acara yang akan digelar 20 Oktober 2017 ini menampilkan karya seni untuk media tumbuh terumbu karang dinamakan  Domus Piramidis Dugong

Teguh Ostenrik seniman sekaligus penggagas YTR menjelaskan, Domus Piramidis Dugong ini akan dibentuk berukuran 6x6 m dan tinggi 5 m.

Instalasi ini akan ditanam di dasar laut Pulau Bangka sekaligus akan menjadi diving spot baru yang diharapkan mampu menarik wisawatan selam sadar lingkungan.

Pulau Bangka merupakan salah satu pulau kecil yang berada di perairan wilayah Kabupaten Minahasa Utara yang memiliki keragaman terumbu karang dan lamun yang kaya.

“Sebagai sedikit dari habitat dugong yang ada di Indonesia, dan dengan keanekaragaman terumbu karang yang menjadi tulang punggung wisata laut maupun perikanan di Sulawesi Utara, wilayah perairan pulau Bangka seharusnya  menjadi wilayah yang dilindungi,” kata Teguh kepada Tribun Manado, Rabu (18/10/2017)

Setiap rancangan Artificial Reef , dibuat dengan mengambil inspirasi dari biota laut yang khas dari lokasi di mana struktur akan ditempatkan.

"Khusus pulau Bangka, kami membuat replica bentuk dugong dengan harapan ekosistem bawah laut Bangka akan selamanya menjadi habitat hidup dugong," ujar Teguh. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved