Tim Ekspedisi Nusantara Jaya

Dalak Kadio Surga Tersembunyi di Kabupaten Sangihe

Begitu banyak hal menarik yang bisa ditemukan di desa Dalako Bembanehe, pulau Kahakitang, kecamatan Tatoareng, kabupaten Sangihe.

Dalak Kadio Surga Tersembunyi di Kabupaten Sangihe
ANDREAS RUAUW
Peserta Ekspedisi Nusantara Jaya menyusuri tepi pantai Dalak Kadio di pulau Kahakitang, kabupaten Sangihe, Kamis (5/10). Tebing karang di beralas pasir putih dengan latar belakang pulau-pulau kecil menjadi suguhan pantai Dalak Kadio. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SANGIHE - Begitu banyak hal menarik yang bisa ditemukan di desa Dalako Bembanehe, pulau Kahakitang, kecamatan Tatoareng, kabupaten Sangihe.

Di wilayah ini karena bentuk geografis berupa kepulauan maka daerah tepi pantai menjadi daya tarik tersendiri, salah satunya pantai Dalak Kadio yang pemandangannya menyuguhkan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Kamis (5/10).

Keistimewaan dari pantai ini terletak pada teluknya yang ketika saat air sedang surut maka pengunjung bisa melintasi dasar laut yang membatasi teluk Kahakitang, selain itu kehidupan biota lautnya sangat beragam hal ini diakibatkan keadaan ekosistem di laut Kahakitang masih sangat alami dan bersih sehingga banyak wisatawan yang selalu ke lokasi pantai tiap kali berkunjung.

Merlinda Suryati Budiman (24) salah seorang peserta Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) sangat terkesimah dengan kecantikan pantai Dalak Kadio karena kondisinya yang masih belum terjamah oleh kehidupan modern, "kesan yang diberikan pantai ini kepada saya adalah rasa kagum karena dari sekian banyak pantai yang pernah saya lihat, pantai Dalak Kadio inilah yang masih belum dirusak manusia artinya belum ada perubahan dalam bentuk apapun di pantai ini," bebernya.

"Saya juga berharap agar dengan hadirnya saya disini saya bisa share ke pemerintah yang terkait dengan pariwisata agar bisa lebih menggali potensi yang ada di pulau Kahakitang ini," lanjutnya sembari bermain di pantai tersebut.

Filipus Gawe salah satu Tokoh Masyarakat desa Dalako Bembenahe mengatakan salah satu lokasi wisata ini masih sementara diupayakan untuk perkembangan potensinya, "untuk saat ini sih pantai Dalak Kadio msih belum di perhatikan kabupaten khususnya untuk seluruh pulau Khakitang jadi dimintakan agar dinas pariwisata membantu perkembangan wisata bahari selain di gunung api bawah laut karena keistimewaan dari pantai Dalak Kadio menjadi habitan ikan duyung atau dugong," unkapnya.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved