Warga Poigar Manfaatkan Sungai untuk Mandi dan Cuci Baju

Aliran sungai di Poigar yang melewati Desa Mondatong baru sangat bersih dan jernih. Banyak warga yang memanfaatkan sungai ini untuk kehidupan sehari-h

FINNKE WOLAJAN
Warga Poigar Manfaatkan Sungai untuk Mandi dan Cuci Baju 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Aliran sungai di Poigar yang melewati Desa Mondatong baru sangat bersih dan jernih. Banyak warga yang memanfaatkan sungai ini untuk kehidupan sehari-hari.

Bebatuan di dasar sungai terlihat, meski tingginya hanya selutut orang dewasa. Apalagi tidak ada hujan. Jika hujan sedikit deras, air akan berwarna keruh. Pagi, siang hingga hore, tak henti-hentinya warga beraktivitas di sungai ini.

Ada beberapa anak sungai hingga ke Desa Pomoman, dari Montadong Baru. Ada sekitar delapan sungai, bahkan sebelumnya ada 12. Namun empat sungai lainnya telah tertutup.

Bersih dan jernihnya sungai ini sangat membantu warga di desa ini. Ada warga yang mencuci pakaian, mencuci mobil, mencuci piring bahkan yang sekadar untuk mandi. Mulai dari dewasa hingga anak-anak.

Warga tak khawatir dengan kondisi sungai, karena sungai ini diyakini punya air bersih bertahun-tahun lamanya. Warga pun menggantungkan kebutuhan air di sungai ini. "Kalau untuk mandi tidak," ujar Yuliana, warga Mondatong Baru, yang ditemui sedang mencuci di sungai, Kamis (21/9) lalu.

Yuliana sendiri hanya mencuci di sungai untuk baju dan sekadar mandi. Sementara untuk air minum, ada air dari PDAM atau sumur bor yang   digunakan warga. 

"Air nanti agak keruh kalau sedang hujan. Tapi kalau tal hujan, memang jernih sekali. Kami warga sering ramai-ramai juga mencuci, terutama ibu-ibu," ujarnya.

Di seberang lainnya, orang dewasa dan anak-anak tampak mandi. Menurut keterangan mereka, warga lebih sering mandi di sungai daripada di rumah sendiri. "Hampir tiap sore mandi. Atau kalau pagi, mau sekolah," ujar Andi, salah seorang anak.

Mandi di sungai ini tak membahayakan karena arusnya tak kuat. Serta tinggi air hanya sebatas betis orang dewasa dalam keadaan normal. Warga menggantungkan keperluan mereka di sungai. Sungai ini pun membawa manfaat yang sangat besar bagi mereka. (fin)

Penulis: Finneke
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved