Pemkot Kotamobagu Mulai Tanam 12 Ribu Bibit Pohon Sirsak dan Mahoni

Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kota Kotamobagu tengah membidik sejumlah pohon perindang di tengah dan pinggiran kota jenis terambesi akan dikurangi sec

CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kota Kotamobagu tengah membidik sejumlah pohon perindang di tengah dan pinggiran kota jenis terambesi akan dikurangi secara bertahap.

"Ini kami lakukan karena pohon perindang jenis terambesi dengan usia sudah tua, tida cocok lagi tumbuh di tepi jalan, akarnya besar rusak drainse sehingga akan dipotong," jelas Alex Saranaung kepala DLH Kota Kotamobagu, Sabtu (16/9).

Adapun wilayah pemangkasan pohon perindang jenis terambesi berada di Monlinow dan Matali, sebagai gantinya pihak sudah menggalakkan menanam bibit pohon sirsak dan mohoni dalam jangka panjang dilakukan terus menerus, khususnya setiap ada pelaksanaan kemasyarakatan di kota Kotamobagu. Alex menjelaskan alasan mengganti pohon perindang dari terambesi ke sirasak dan mahoni karena memiliki keistimewaan tersendiri.

"Mahoni bisa serap karbon dioksida atau zat beracum dari kendaraan bermotor serta manusia. Kemudian serapan akan menjadi makanan lalu keluarkan oksigen bersih untuk manusia. Untuk sirsak sebagai obat asam arut punya manfaat ganda," urainya.

Adapun total Bibit Sirsat dan Mahoni yang akan disebar di Kota Kotamobagu hingga akhir tahun 2017, 6 ribu Sirsat dan 6 ribu Manohi. Hingga kini sudah 3 ribu bibit pohon Mahoni dan Sirsat sudah di tanam. Setelah menanam pasti muncul masalah klasik yakni dibiarkan tak disiram dan dirawat, pihak DLH tetap akan dipelihara pasca ditanam.

"Untuk itu kami minta peran masyarakat untuk menjaga dan pelihara pasca ditanam. Pemotongan terambesi yang dilakukan sama sekali tidak ganggu estetika karena penanaman mahoni dan sirsak merupakan peremajaan malah akan tambah nilai kalau Kotamobagu konsisten membuat kota hijau," tukasnya.

Terpisah Sekretaris DLH Talip Bilapanga menambahkan Sabtu hari ini pihaknya baru saja usai menanam bibit pohon disejumlah titik di Kota Kotamobagu. Wilayah Pontodon, Kobo Kecil, Mongkonai, Molinow, Sampana, Genggulang dan Katobangon. "Yang kami tanam 200 bibit cempaka dan mahoni," jelas Talip.(crz)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved