Kisah Anak Putus Sekolah: Aldi Mengenyam Pendidikan hingga Kelas 2 SD

SEMPAT mengenyam pendidikan hingga kelas 2 Sekolah Dasar (SD), Aldi lalu berhenti dan memilih bekerja. Hingga kini dia selalu berada di kompleks Pasar

Kisah Anak Putus Sekolah: Aldi Mengenyam Pendidikan hingga Kelas 2 SD
ANDREAS RUAUW

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO-SEMPAT mengenyam pendidikan hingga kelas 2 Sekolah Dasar (SD), Aldi lalu berhenti dan memilih bekerja. Hingga kini dia selalu berada di kompleks Pasar 45 menjual hanger.

Dua tangannya yang mungil memegang belasan hanger berwarna hitam. Dia tak malu menawarkan dagangannya setiap bertemu dengan warga yang sedang berbelanja."Ini harganya Rp 20 ribu," ujar Aldi kepada Tribun Manado sambil mengangkat satu paket hanger, Selasa (5/9).

Ia berjualan hanger sudah sejak tahun lalu. Mulai jam 9 pagi hingga pukul 21.00 wita. "Setiap hari 18 buah hanger laku terjual," ujar dia. Kepada Tribun Manado ia mengaku sudah 13 tahun.

Saat ditanyakan apakah ingin bersekolah lagi, tanpa suara anak yang tinggal di Sindulang, Tuminting ini mengangguk dengan mata yang berkaca‑kaca.

Sejumlah pedagang di kompleks 45 mengaku kasihan melihat anak sekecil ini sudah harus berjualan mencari uang.

Sukri (57) mengatakan dia tidak mengenal Aldi secara dekat. Hanya seringkali melihat Aldi berjualan melewati kiosnya.

"Sudah sejak tiga tahun saya melihat dia berjualan. Dulu selain hanger ada barang lain yang ia jual. Saya sudah lupa barang apa. Saya tentu merasa kasihan," ujar pedagang pakaian di Kompleks Pasar 45 ini.

Sukri mengatakan, seharusnya anak‑anak seperti Aldi harus bersekolah."Jaman sekarang beda dengan dulu. Sekarang harus bersekolah," ujar dia. Dia berharap pemerintah memperhatikan Aldi.

Selain di Kompleks Pasar 45, di sudut lain Kota Manado juga terlihat beberapa anak putus sekolah sedang berjualan.

Joice Kadir (20) (laki‑laki) misalnya, berhenti bersekolah sejak kelas 3 SD Atau sejak ia berusia 9 tahun. Sudah 11 tahun ia tidak bersekolah lagi. Kini ia berjualan kedondong dan keripik pisang.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved